Sukses

Masjid di Denmark Ini Berada di Antara Dealer Mobil dan Pergudangan

Masjid terbesar di Denmark ini berdiri di antara dealer mobil dan pergudangan.

Liputan6.com, Jakarta - Tinggi menara masjid itu hanya 20 meter. Bagian ujungnya dilengkapi dengan sebuah kubah berukuran kecil dan ornamen bulat sabit. Masjid terbesar di Denmark itu bernama Hamad bin Khalifa Civilisation Center.

Nama tersebut digunakan karena sumber dana pembangunan masjid tersebut didanai oleh pemerintah Qatar. Kehadiran masjid tersebut juga merupakan pertalian antara Denmark dengan dunia Islam.

Berdiri di lahan seluas 6.700 meter persegi, masjid ini terletak di antara gedung dealer mobil dan pergudangan. Keberadaan masjid tersebut menjadi simbol toleransi di Denmark.

Dilansir dari ummid.com, Kamis, 16 Mei 2019, masjid ini menjadi yang terbesar dan pertama dibangun di Denmark. Begitu pula dengan menara kecil yang berada di halaman depan masjid.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Arsitektur Islam

Ruang utama masjid dapat menampung sekitar 900 jemaah sekaligus ditambah dengan area balkoni dapat menampung sekitar 600 jemaah khusus wanita. Masjid tersebut diresmikan pada 19 Juni 2014.

Masjid ini memiliki campuran elemen umum dari Skandinavia tradisional dan arsitektur Islam seperti jaringan bersih dan bentuk kesederhanaan. Sementara hiasan batu interior masjid Islam terilhami dari warisan Eropa Moor.

Pendirian masjid tersebut sempat diwarnai dengan penolakan. Penolakan tersebut datang dari mereka yang anti imigran.

Tak berhenti di situ, penerbitan kartun Nabi Muhammad oleh salah satu media di negara itu sempat membangkitkan aksi protes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.