Sukses

Sekarang Liburan Tak Perlu Mahal, Simak Tipsnya Berikut Ini

Mau liburan dengan modal minim? Simak tipsnya ini, yuk!

Liputan6.com, Jakarta Liburan bagi sebagian orang masih menjadi "barang mewah" yang tak harus selalu dilakukan setiap tahunnya. Padahal, ada banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan dengan melakukan liburan, mulai dari menyegarkan pikiran sampai bertemu dengan orang-orang baru di tempat liburan. Anggapan bahwa liburan itu pasti mahal atau bisa merusak cash flow bulanan sebenarnya bisa diatasi dengan mengetahui tips-tips liburan hemat yang tak selalu berongkos mahal.

Berikut ini adalah hal-hal yang bisa Anda lakukan agar momen liburan menjadi tidak semahal yang diperkirakan.

Survei dan tentukan lokasinya

Pilihan lokasi menjadi urusan yang paling vital di sini. Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mencari tahu informasi seputar destinasi yang ingin didatangi melalui internet. Jangan sampai destinasi tersebut tidak cocok dengan harapan kamu saat liburan.

Selain informasi seputar gambaran lokasi dan objek wisatanya, Anda juga bisa mencari informasi seputar biaya yang harus dikeluarkan agar bisa liburan ke sana. Setelah itu, ada baiknya Anda mencari informasi juga seputar promosi atau diskon tiket pesawat ke destinasi tersebut. Hal ini tentu saja dapat menghemat biaya perjalanan dari sejak awal melakukan perencanaan.

Memesan tiket dari jauh-jauh hari

Setelah melakukan langkah pertama di atas, selanjutnya mulai mempersiapkan memesan segala macam yang diperlukan untuk bisa pergi ke sana. Artinya, dalam tahap ini Anda sudah harus siap memesan tiket transportasi, memesan penginapan, sampai mungkin tiket tempat wisatanya.

Sudah jadi rahasia umum, kalau memesan tiket jauh-jauh hari sebelum jadwal keberangkatan biasanya harganya jauh lebih murah dibandingkan mendekati hari keberangkatan. Selain itu, Anda juga bisa saja mendapatkan penawaran dengan harga spesial yang lebih murah atau dengan mendatangi pameran travel yang menawarkan diskon besar-besaran.

Atur biaya perjalanan dengan kredit online

Saat liburan, memang sudah seharusnya Anda mempersiapkan budgrt khusus. Budget ini diperlukan untuk segala macam kebutuhan saat berlibur, mulai dari membeli tiket pesawat, memesan penginapan, sampai urusan makan di tempat liburan. Oleh karena itu, Anda harus cerdas dalam mengalokasikan dana yang tersedia untuk budget liburan.

Untuk menghindari keluarnya dana kas yang cukup besar, Anda bisa memanfaatkan fasilitas kredit online. Misalnya, Anda bisa menggunakan Traveloka PayLater sebagai penunjang manajemen cash flow untuk urusan seperti ini. Kemudahan yang diberikan adalah pilihan tenor yang beragam dan biaya cicilan yang rendah.

Dengan menggunakan Traveloka PayLater, Anda bisa lebih berhemat menggunakan dana kas untuk liburan, sehingga cash flow bulanan pun dapat lebih terjaga. Hal ini dikarenakan Anda bisa memilih tenor cicilan yang bervariasi mulai dari 1 sampai 12 bulan dengan biaya cicilan yang rendah.

Faktor keamanan kredit pun sudah terjamin. Traveloka PayLater didukung oleh Caturnusa Sejahtera Finance (CSF) sebagai mitra resmi yang terdaftar dan pertama kali memiliki izin beroperasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan cara ini, rencana liburan kamu bisa tetap bisa berjalan, bahkan yang dadakan sekalipun tanpa harus menguras cash flow lebih dalam.

Membuat catatan pengeluaran selama liburan

Sebagai panduan, sebaiknya Anda membuat catatan pengeluaran selama liburan. Hal ini akan membantu Anda dalam mengatu dan mengetahui ke mana saja uang sudah dihabiskan. Selain itu, catatan ini bisa menjadi alat kontrol agar Anda tidak menghabiskan uang terlalu banyak yang bisa menyebabkan cash flow menjadi berantakan.

Liburan sudah tidak lagi menjadi pengalaman yang mahal asalkan Anda tahu bagaimana merencanakannya. Jika kamu ingin liburan tanpa harus berfoya-foya, ada baiknya memperhatikan tips-tips di atas. Tak ada salahnya untuk mengistirahatkan tubuh sejenak dan berlibur bersama orang-orang tersayang, tetap bisa hemat kok!

 

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.