Sukses

6 Ragam Es Tradisional yang Enak Buat Buka Puasa

Indonesia memiliki deretan es tradisional yang super enak dan bisa jadi pilihan Anda untuk berbuka puasa nanti.

Liputan6.com, Jakarta - Nusantara tidak hanya memiliki sederet kuliner nikmat, tetapi juga ragam minuman atau pencuci mulut yang super menyegarkan. Langsung terbayang jajaran sajian es manis dan dingin bukan?

Apalagi di bulan puasa saat ini, es-es tradisional Indonesia menjadi menu yang sangat pas untuk buka puasa. Sajian es tersebut hadir dengan rasa manis hingga macam-macam isian yang melimpah.

Lantas, apa saja keenam es tradisional yang cocok untuk menu Anda berbuka puasa? Yuk, simak rangkuman selengkapnya di bawah ini.

1. Es Dawet

Bagi Anda pencinta es, pasti sudah tidak asing lagi dengan es dawet. Sajian yang berasal dari Jawa Tengah ini berisi cendol yang terbuat dari tepung tapioka, tepung beras, air sari daun pandan.

Cendol tersebut lantas dicampur dengan santan dan gula merah. Es Dawet akan terasa lebih menyegarkan dengan menambahkan parutan es.

2. Es Pisang Ijo

Es yang berasal dari Sulawesi Selatan ini terbuat dari pisang yang dibungkus dengan tepung warna hijau. Kulit tersebut terbuat dari tepung terigu, santan, tepung beras, gula, pewarna hijau bisa dari campuran air dengan daun pandan.

Membuatnya pun dilakukan dengan mengukus. Tak ketinggalan, bubur sumsumnya terbuat dari tepung beras, santan, daun pandan, gula, dan garam.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Es Teler

Es teler awal mulanya ada di Kabupaten Sukoharjo pada era 50-an. Minuman menyegarkan ini terdiri atas isian seperti daging kelapa muda, alpukat, nangka, dan cincau. Bahan-bahan tersebut lantas disajikan bersama santan, daun pandan, susu kental manis, sirup rasa kelapa, dan es serut.

4. Es Campur

Es campur tentu menjadi salah satu menu yang paling dicari saat berbuka puasa. Sajian ini terdiri atas cincau, kolang-kaling, buah-buahan seperti alpukat, nangka, cendol, tapai, santan, gula, es serut, susu kental manis, sirup, dan daun pandan.

3 dari 3 halaman

5. Es Doger

Es doger sendiri terbuat dari campuran bahan-bahan seperti santan, tapai ketan hitam, pewarna makanan, gula, daging kelapa muda, tapai singkong, dan gula.

Ada pula pelengkap roti tawar bubur sagu mutiara, kolang-kaling, hingga cendol. Es kemudian disajikan bersama serutan es doger santan.

6. Es Podeng

Es podeng terdiri atas ragam isian mulai dari tapai ketan hitam, alpukat, roti tawar, daging kelapa muda, kacang tanah, es putar santan, dan sagu mutiara. Es terasa kian mantap dengan ditaburi oleh meses coklat dan susu kental manis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.