Sukses

Mudik ke Tasikmalaya Bakal Asyik Jika Kunjungi Tempat Kuliner Ini

Kuliner lezat di Tasikmalaya beragam mulai dari masakan Sunda sampai makanan yang tenar di kota lain

Liputan6.com, Jakarta Tasikmalaya dengan julukan Mutiara Priangan menyimpan banyak kuliner lezat. Yap, apalagi musim libur lebaran, tentunya foodie butuh rekomendasi tempat yang oke.

Kuliner lezat di Tasikmalaya beragam mulai dari masakan Sunda sampai makanan yang tenar di kota lain. Keberagam ini memberikan alternatif penikmat kuliner menentukan pilihannya.

Menteri Pariwasata, Arief Yahya, gembira melihat perkembangan kuliner di Taksimalaya yang didukung banyak kalangan.

“Potensi kuliner di Tasikmalaya sangat tinggi. Jika terus dikelola dengan baik, tentu pada #PesonaMudik2019 bakal lebih meningkatkan kunjungan wisatawan ke Tasikmalaya” ungkap Arief.

Selain kesiapan dari pengelola kulier, jangan lupakan untuk terus mempromosikannya. “Promosi berupa keunggulan dari kulier Tasikmalaya sampai informasi lengkap menuju tempat kulinernya,” tambah Arief.

Dengan informasi yang lengkap, diharapkan wisatawan akan mudah mencari tempat kuliner yang diinginkannya.

Biar lebih jelas tentang lokasi kuliner di Tasikmalaya, berikut ini kami beberkan 10 kuliner unggulan di Tasikmalaya.

1. Nasi Cikur Penyerutan

Cikur artinya kencur. Jadi nasi cikur adalah nasi goreng yang memakai kencur sebagai salah satu bumbunya. Kencur yang dipakai untuk membuat nasi goreng dipilih yang masih muda dan umbi masih putih warnanya. Rasanya menimbulkan sensasi berbeda, lantaran ada aroma kencur.

Proses membuatanya tak beda dengan membuat nasi goreng biasa. Bawang merah, bawang putih, garam, terasi goreng, dan kencur muda dihaluskan. Lalu, digoreng Bersama nasi. Bagi yang suka dengan aroma kencur, makanan ini akan terasa hangat di mulut dan kerongkongan.

Salah satu nasi cikur yang terkenal ada di pertigaan jalan Penyerutan (Kantin 43), Tasikmalaya. Tempatnya selalu ramai didatangi penikmat kuliner dari berbagai kota di Jawa Barat.

Gerai kuliner Kantin 43 buka sejak pukul 06.00 WIB. Saking larisnya, pukul 8.00 WIB biasanya sudah habis.

2. Tutug Oncom

Warga Tasikmalaya menyebut nasi tutug oncom dengan sebutan nasi TO. Ya, nasi TO merupakan perpaduan olahan oncom dengan nasi. Oncom mendominasi rasa dari makanan ini.

Cita rasa lezat oncom dihasilkan dari olahan beragam bumbu. Bumbunya, ada kencur, bawang putih, bawang merah, garam, dan gula.

Salah satu tempat yang menjual tutug oncom, warung TO Benhil di jalan Dadaha, Tasikmalaya. Gerai kuliner ini berdiri sejak 1998. Bukanya ketika pagi hari dan selalu ramai oleh pengunjung.

3. Bubur Ayam H. Zaenal

Bubur ayam dari gerai Kalektoran H. Zaenal sudah sangat dikenal masyarakat Tasimalaya. Sudah ama berdiri, infonya sejak 1969.

Keistimewaan bubur ayam ini ada pada tekstur lembut dan agak encer ketika makanan dinikmati. Bubur Ayam Kalektoran H. Zaenal berada di jalan R. Ikik Wiradikarta No. 33, Tasikmalaya.

Suwiran ayam kampung, hati ayam, cakwe, dan daun bawang bikin ngiler buat yang baru melihatnya. Bagian atas bubur yang berisi hati, suwiran ayam terlihat menggunung. Soal rasa jangan ditanya, gurih dan lezat pasti diraih buat yang memakannya. Ajib

4. Soto Ayam Pataruman

Kuah santan yang gurih dan lezat membuat Soto Ayam Pataruman sangat dikenal di Tasikmalaya. Penikmat kuliner dapat memilih isi dari soto ini. Anda bisa pilih isi, daging dada, daging paha, ati ampela, telur, dan lainnya.

Ternyata soto ayam ini sudah ada sejak 1960. Bahan utama soto memakai ayam kampung. Hal ini membuat rasa soto menjadi lezat dan nikmat. Soto Ayam Pataruman berada jalan Pataruman No.23, Yudanagara, Cihideung, Tasikmalaya.

5. Mie Bakso Laksana

Jika libur tiba, gerai Mie Bakso Laksana selalu ramai dikunjungi. Apalagi ketika Lebaran, antrean pembeli luar biasa. Jika mau datang ke gerai bakso ini, Anda bisa melipir ke Jalan Pemuda nomor 5 Kota Tasikmalaya.

Mie dengan irisan daging ayam plus daun bawang, melahirkan rasa gurih yang membuat ketagihan penikmatnya. Air liur menetes. Sambal pedas dan bawang goreng yang bercampur kuah membuat bakso ini makin enak buat dicicipi.

6. Kupat Tahu Mangunreja

Ingin makan ketupat lezat di Tasikmalaya? Kalau iya, datangi saja Kupat Tahu Mangunreja yang sudah sangat dikenal di Tasikmalaya. Lokasinya berada jalan Raya Mangunreja, Kampung Toblongan, Tasikmalaya.

Kupat Tahu Mangunreja, terdiri dari campuran ketupat, potongan tahu, dan bumbu kacang yang kental. Kelezatan ketupat ini lantaran didukung beragam bumbu rempah-rempah. Antara lain ada daun bawang, kacang tanah, parutan kelapa, cabai, garam, gula aren, asam dan santan.

7. Pecel Oranye

Gerai pecel ini didirikan pada masa Belanda, 1923 oleh Sopiah. Lalu diteruskan oleh keturunannya sampai sekarang. Awalnya bernama Pecel Orange, lalu pada saat Jepang berkuasa menjadi Pecel Asia. Nah, setelah Indonesia merdeka menjadi Pecel Oranye.

Bumbu pecel dengan kombinasi pedas, asam, manis, dan asin disiramkan ke sayuran. Nikmat dan segar terasa ketika masuk ke mulut.

Pecel ini telah lama menjadi andalan kuliner Tasikmalaya. Penyajian dibuat tak berubah seperti pada masa lampau. Makan di sini, seakan berada pada masa lalu. Sederhana. Alamat Pecel Oranye, jalan Empang No. 27, Tasikmalaya.

8. Martabak Ramayana

Salah satu kulliner ajib di Tasimalaya adalah Martabak Ramayana. Berdiri sejak 1993. Hampir di setiap sudut Tasikmalaya ada cabang Martabak Ramayana. Buat yang ingin memesan mesti rela antre panjang.

Martabak yang disukai warga Tasikmalaya, isi kacang, keju, atau cokelat. Satu porsi martabaknya bisa dimakan oleh 3 hingga 4 orang. Menu andalan lainnya, martabak manis tipis kering. Alamatnya ada di jalan Tentara Pelajar No.70,Tawang, Tasikmalaya

9. Tahu Bulat

Tahu bulat gurih dan empuk ketika dimakan. Di Jakarta tahu bulat amat terkenal. Ternyata tahu bulat berasal dari Tasikmalaya. Banyak usahawan dari Tasikmalaya membuka cabang di Jakarta dan kota besar lain di Indonesia.

Pembuatannya diawali dengan proses pembuatan tahu seperti biasa. Kemudian tahu putih ini dicacah dengan menambahkan bumbu dan dicetak menjadi bulat.

Salah satu yang membuat makanan ini adalah pabrik Tahu Bulat Mawar Jaya. Alamatnya berada Kampung Tonjong, Cipedes, Tasikmalaya.

10. Rajanya Sate Maranggi

Sate Maranggi bukan hanya terkenal di Purwakarta. Di Tasikmalaya ada Raja Sate Maranggi yang juga tak kalah sohor. Satu tusuk sate dibuat dengan potongan daging yang besar. Ruang makan satenya sangat besar. Asyik buat ngumpul makan dengan rombongan dalam jumlah banyak.

Sate dengan bumbu kecap dan potongan daging besar, membuat makanan ini begitu lezat. Gurih dan nikmat. Jika tertarik makan sate ini datang saja ke jalan Taman Harapan No. 5 Dadaha, Tasikmalaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini