Kreasi Telur 1000 Tahun yang Curi Perhatian, Berani Coba?

Oleh Asnida Riani pada 15 Mei 2019, 22:03 WIB
Kuliner Malaysia

Liputan6.com, Jakarta - Telur seribu tahun telah sejak lama dikenal sebagai kuliner khas Tiongkok. Walau bernama demikian, fregmentasi telur ini tak semua berusia satu abad. Beberapa di antaranya bisa ditemukan berusia beberapa puluh tahun.

Secara rupa, telur seribu tahun memiliki warna cokelat cenderung hitam. Mungkin kurang menggugah selera di lirikan pertama. Tapi, proses panjang pembuatannya membuat tak sedikit orang mencicip kuliner satu ini.

Mengekspansi rasa telur seribu tahun, adalah Moody Cow, salah satu kafe di kawasan Georgetown, Penang, Malaysia, yang mengkreasikan kuliner kuno tersebut dengan sajian kekinian.

Menu Century Egg Cheesecake yang sesuai namanya merupakan perpaduan cheesecake bertekstur super lembut dengan telur seribu tahun di bagan tengah kue, juga tambahan ikan bilis.

Teksturnya, sebagaimana dideskripsikan, merupakan perpaduan lembut kue, kenyal telur, dan renyah dari salah satu jenis ikan asin tersebut. Seorang konsumen yang sudah mencoba menuliskan ulasan bahwa rasanya, secara mengejutkan, sangat unik dan patut dicoba.

Berdasarkan unggahan di akun Facebook-nya, kreasi telur seribu tahun ini dibanderol sekitar 44 ringgit Malaysia atau setara Rp 152 ribu per potong.

2 of 3

Banyak Varian Cheesecake

Kuliner Malaysia
Cempedak cheesecake di Moody Cow Cafe, Georgetown, Penang, Malaysia. (dok. Instagram @___j.e.n___/https://www.instagram.com/p/BcMavFtBF6G/)

Dikutip dari Says, Rabu (15/5/2019), Moody Cow Cafe dikenal sering mengombinasi bahan tak biasa ke dalam kreasi cheesecake-nya. Sekarang sudah ada 20 varian cheesecake, termasuk Salty Egg Yolk Cheese Cake with Chicken Floss, Musang King Durian Cheesecake, dan Cempedak Cheesecake.

Mengingat varian yang banyak, pihak Moody Cow mengatakan, bahwa mereka tidak membuat semuanya setiap hari. Ada waktu-waktu tertentu di mana hanya ada beberapa varian cheesecake yang tersedia.

Berbeda dengan kreasi telur seribu tahun, cheesecake varian lain dibanderol seharga 20-25 ringgit Malaysia atau Rp 70-86 ribu. Mengingat potongan cukup besar, biasanya satu porsi bisa dinikmati 3-4 orang.

Penasaran coba? Jalan lupa mampir ke 170, Jalan Transfer, 10050, Georgetown jika Anda berada di Penang, Malaysia. Kafe ini buka setiap hari dari pukul 11 sampai 12 siang.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by