Sukses

Ganti Gula dengan 3 Bahan Ini Kalau Ingin Lebih Sehat

Anda bisa mengganti gula dengan tiga bahan yang bisa membuat Anda lebih sehat. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Di bulan Ramadan kita biasanya berbuka puasa dengan makanan maupun minuman yang manis. Minuman seperti teh misalnya, kita sering memakai gula dalam jumlah cukup banyak.

Namun konsumsi gula berlebihan, apalagi pemanis buatan bisa mempengaruhi kesehatan tubuh. Mulai dari menyebabkan kenaikan berat badan, berkontribusi terhadap hipertensi, perlemakan hati, diabetes dan sejumlah penyakit lainnya.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan orang dewasa dan anak-anak untuk mengurangi asupan gula harian kurang dari 10 persen dari total asupan energi mereka. Bahkan pengurangan 5 persen lebih lanjut, yaitu sekitar 25 gram (6 sendok teh) setiap hari, bias berdampak positif untuk kesehatan.

Tak hanya gula, sebenarnya ada sejumlah alternatif yang bisa Anda coba sebagai pemanis, asalkan dikonsumsi dengan jumlah yang disarankan. Apa saja? Berikut tiga di antaranya seperti dilansir Indian Express dan Antara, Minggu, 12 Mei 2019.

Gula kelapa

Gula ini terbuat dari getah, cairan manis dari tanaman kelapa. Ada beragam nutrisi yang terkandung di dalamnya, antara lain mineral seperti besi, kalsium, kalium dan seng serta antioksidan.

Gula kelapa mempunyai serat atau inulin yang membantu memperlambat penyerapan glukosa, sehingga memberikan alternatif bagi mereka yang menderita diabetes. Gula ini punya indeks glikemik yang lebih rendah dari gula biasa.

Saksikan video pilihan di bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Madu

Madu mengandung nutrisi dan menjadi bahan utama beberapa pengobatan. Madu bisa membuat wajah Anda bercahaya, membantu pencernaan pati sehingga antioksidan meningkat. Jadi madu bisa membantu menurunkan tekanan darah dan risiko serangan jantung.

Stevia

Stevia bisa menjadi pengganti gula yang pas karena tidak menyebabkan efek pada insulin atau kadar gula darah. Diekstrak dari Stevia rebaudiana, spesies tanaman yang ditemukan di Brasil, pemanis ini mengandung nol kalori.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.