Sukses

Deretan Makanan dan Minuman yang Lebih Baik Dihindari Saat Buka Puasa

Apa saja makanan yang sebaiknya Anda hindari ketika berbuka puasa? Yuk, simak rangkuman selengkapnya di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta - Buka puasa akan terasa lebih nikmat jika ditemani oleh sajian-sajian yang menggugah selera. Meski begitu, Anda harus tetap memperhatikan pilihan makanan dan tak sembarang membeli.

Salah-salah, makanan yang disantap saat buka puasa itu dapat membuat puasa dan pencernaan Anda terganggu. Anda tentu tidak ingin kondisi tersebut menimpa kalian di bulan Ramadan ini bukan?

Untuk berjaga, ada beberapa makanan yang lebih baik Anda hindari ketika buka puasa. Apa saja makanan itu? Simak selengkapnya seperti dirangkum Fimela.com di bawah ini.

1. Makanan Pedas

Cabai mengandung senyawa capsaicin yang pedas. Ini bisa saja membuat dinding lambung Anda iritasi dan menimbulkan reaksi asam yang membuat perut kram dan nyeri. Makanan pedas juga bisa menyebabkan diare.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Minuman Manis Kemasan

Minuman manis jadi sajian menyegarkan saat buka puasa, namun minuman manis kemasan seperti jus buah, minuman berenergi, dan lainnya tak baik dikonsumsi saat perut Anda kosong.

Gula dalam bentuk fruktosa pada minuman kemasan dapat menyebabkan hati bekerja keras mengolahnya, padahal hati juga perlu pemanasan untuk mengolah secara perlahan.

3. Minuman Bersoda

Minuman bersoda atau minuman karbonasi dapat membuat perut Anda iritasi. Tak hanya itu, minuman ini dapat meningkatkan asam lambung jika diminum dalam keadaan perut kosong.

3 dari 4 halaman

4. Buah dengan Rasa Asam

Asam di lambung sudah tinggi, ada baiknya tidak ditambah dengan memakan buah asam seperti nanas, stroberi, hingga jeruk. Minumlah air putih hangat lebih dulu sebelum buah-buahan.

5. Minuman Dingin

Minuman dingin disebut dapat merusak selaput lendir dan membuat metabolisme dan sistem pencernaan lamban. Minuman dingin juga bisa membuat perut terasa dingin dan kaku, juga menahan lemak dan zat sisa dalam usus.

4 dari 4 halaman

6. Sayuran Mentah

Serat pada sayur memang menyehatkan tetapi mengonsumsinya langsung saat buka puasa justru membuat perut kaget karena harus bekerja keras mencerna sayur yang padat.

7. Kopi

Kopi dapat membuat perut kembung. Meminumnya saat buka puasa malah akan menaikkan asam lambung. Keasaman dalam kopi akan merangsang sekresi asam klorida dalam sistem pencernaan yang menyebabkan gastritis pada beberapa orang. (Febi Anindya Kirana/Fimela.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.