Sukses

Jadikan Liburanmu Berkesan di Canberra dengan Mengunjungi 5 Tempat Ini

Sebelum liburan ke Canberra, siapkan itinerary-mu dengan isi 5 destinasi wisata ini.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai Ibu Kota Negara Australia, Canberra tidak hanya penuh dengan pemandangan gedung-gedung pemerintahan. Nyatanya, Canberra sebagai kota ke-tiga yang paling banyak dikunjungi pada 2018 versi lonely planet, memiliki segudang tempat wisata yang begitu menarik untuk dikunjungi, baik sendiri maupun bersama teman atau keluarga. Misalnya, taman, museum, atau tempat makan.

Beragamnya pilihan tempat wisata ini menjadikan Canberra sebagai salah satu kota di Australia yang dikunjungi banyak turis mancanegara, termasuk Indonesia. Data dari canberra.com.au menunjukkan bahwa jumlah turis asing yang datang ke sana pada 2017, mencapai 230 ribu orang.

Apabila Anda juga tertarik berkunjung ke Canberra, sebaiknya Anda mencari tahu dulu tempat-tempat wisata menarik yang ada di sana. Yuk, siapkan itinerary-mu dan catat lima tempat wisata di Canberra yang sudah liputan6.com rangkum!

1. Balon Udara

Rasakan pengalaman tak terlupakan naik balon udara di Canberra. Menggunakan balon udara Aloft bersama pilot yang memiliki sertifikat kelaikan terbang dari Civil Aviation Safety Authority (CASA). Selama 45 menit, Anda bisa menyaksikan pemandangan obyek terkenal di Canberra, seperti ANZAC Parade Walk, Telstra Tower, dan Mount Ainslie dari ketinggian 3.000 kaki.

2. Australian War Memorial

Ada beberapa tempat bersejarah yang dapat Anda kunjungi di Canberra, salah satunya adalah Australian War Memorial. Di tempat ini, Anda bisa menyusuri gedung bersejarah sambil mengenang jasa para pahlawan. Anda juga bisa membaca kisah perjuangan mereka yang begitu mengharukan melalui berbagai koleksi pameran yang begitu informatif. Terdapat pula koleksi perangkat keras militer, seperti pesawat pembom yang terkenal Lancaster, G for George.

3. Danau Burley Griffin

Di Canberra, ada tempat ikonik yang bisa Anda manfaatkan untuk istirahat sejenak dari keramaian kota dan terhubung lagi dengan alam. Tepatnya, di Danau Burley Griffin. Waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah saat matahari terbenam. Pemandangan matahari tenggelam berwarna keemasan dengan latar belakang perairan berkabut, akan sulit untuk dilupakan. Penggemar olahraga juga bisa memanfaatkan lokasi ini untuk berlari, mendayung, atau bersepeda, lho.

4. Jamala Wildlife Lodge

Banyak penginapan bagus yang dapat Anda temui di Canberra. Namun, Jamala Wildlife Lodge dapat memberikan Anda sensasi menginap yang berbeda. Bagaimana tidak, akomodasinya berada di dalam lingkungan kebun binatang dan Aquarium National. Anda bisa berinteraksi langsung dengan para hewan penghuni, mulai dari mandi bersama hingga memberikan makanan kepada para hewan secara langsung dari balkon tempat Anda menginap.

5. Questacon

Bagi Anda yang berlibur ke Canberra bersama anak, ada tempat seru untuk belajar sains dan teknologi yang patut dikunjungi, nih. Tepatnya di Questacon, pusat ilmu pengetahuan dengan ratusan koleksi pameran  permanen. Di sana, Anda dan si kecil bisa belajar tentang seluk beluk cahaya dan suara, serta merasakan simulasi gempa. Khusus pada tahun ini, Questacon juga menghadirkan ekshibisi Spiders yang menampilkan 200 spesies arachnida, termasuk tarantula hidup Australia, jaring corong, laba-laba punggung merah, dan laba-laba air raksasa. Jangan sampai kelewatan!

Nah, itu adalah lima tempat yang patut Anda kunjungi saat berkunjung ke Canberra. Apabila ingin mengetahui lebih lanjut tentang tempat-tempat wisata lain di Canberra yang tak kalah menarik, Anda bisa melihatnya di sini.

Setelah punya itinerary-nya, Anda bisa segera memesan tiket pesawatnya. Salah satu maskapai penerbangan yang melayani rute ke Canberra adalah Singapore Airlines yang terbang tujuh kali seminggu. Rute ini diterbangi dengan tipe pesawat 777-300ER yang telah dilengkapi kabin generasi baru di semua kelas kabin perjalanan. Jadi, kamu bisa merasakan kenyamanan, baik di kabin First Class, Business Class, maupun Economy Class.

Kabin Business Class yang baru menawarkan sandaran lebih besar hingga 132 derajat, dengan bantalan kursi ergonomis yang ditingkatkan. Dua posisi tempat duduk baru telah diperkenalkan - 'Lazy Z' dan 'Sundeck' - memberikan fleksibilitas yang lebih besar bagi pelanggan untuk memilih cara yang mereka sukai untuk bekerja atau bersantai. Saat dikonversi, kursi ini bisa menjadi tempat tidur datar dengan panjang 78 inci, lho. Bahkan, para penumpang juga disediakan bantal yang empuk untuk meningkatkan kenyamanan. Ruang penyimpanannya juga lebih banyak karena ditambah dengan fasilitas area penyimpanan di konsol samping serta dilengkapi area penyimpanan laptop.

Sementara itu, Economy Class yang baru juga memberikan kenyamanan tambahan dengan peningkatan ruang pribadi dan ruang kaki. Kursinya juga dilengkapi dengan sandaran punggung yang baru dengan bantalan samping. Sebagai tambahan, sandaran kepala yang dirancang secara ergonomis memungkinkan penyesuaian ketinggian untuk penyangga leher yang lebih nyaman.

Selain tempat duduk yang super nyaman, Singapore Airlines juga menawarkan layanan menu makanan spesial yang bisa dipesan oleh penumpang 48 jam sebelum keberangkatan karena alasan alergi, agama, diet, atau untuk anak-anak. Setiap makanan dimasak dengan penyesuaian suhu kabin, sehingga makanan tetap terasa nikmat walaupun dikonsumsi di atas 30 ribu kaki.

Saat terbang menuju Canberra, Anda akan transit di Singapura. Tak perlu khawatir memikirkan harus menghabiskan waktu seperti apa di sini, karena Anda transitnya di salah satu bandara penghubung terbesar di Asia Tenggara, yaitu Changi Airport. Bandara ini telah meraih predikat World's Best Airport dari Skytrax selama enam tahun berturut-turut.

Banyak yang bisa Anda lakukan ketika Anda transit di Changi Airport. Anda bisa berkunjung ke butterfly garden, cinema 24 jam, entertainment deck, atau Anda dapat bergabung dengan Free Singapore Tour (FST) jika waktu transit Anda lebih dari 5,5 jam. Saat tur, Anda dapat mengunjungi berbagai tempat menyenangkan di Singapura seperti Merlion park, Chinatown, dan Little India. Untuk mendaftarkan diri dalam tur ini, Anda cukup membawa paspor, boarding pass ke booth yang tersedia di terminal 2 dan 3. Peserta harus mendaftar paling lambat 75 menit sebelum tur dimulai. Jadwal dan rencana perjalanan FST bisa dilihat di sini.

Asiknya lagi, penumpang Singapore Airlines dan SilkAir dapat menukar Changi Dollar Voucher senilai 20 dollar Singapura yang bisa dipakai untuk berbelanja di 360 lebih gerai ritel di tiga terminal kelas dunia. Dijamin waktu transit Anda akan jadi lebih seru!

Yuk, cek promo dan beli tiketnya ke Canberra di sini!

 

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini