Yang Sebaiknya Disantap Kalau Masih Lapar Usai Buka Puasa

Oleh Henry Hens pada 13 Mei 2019, 00:01 WIB
Diperbarui 13 Mei 2019, 18:15 WIB
Makan sahur - buka puasa (iStock)

Jakarta - Puasa di bulan Ramadan memang susah-susah gampang. Seringkali, ketika seseorang lapar, dia akan melampiaskan nafsunya saat waktu berbuka puasa tiba.

Namun, buka puasa sebagai ajang "balas dendam" bukanlah hal yang baik. Karena di saat Ramadan, seseorang juga harus mengendalikan diri tidak hanya ketika jam puasa saja.

Makan secukupnya saat berbuka puasa menjadi saran para ahli kesehatan demi tubuh tak mengalami masalah. Namun, kadang rasa lapar masih menghantui bahkan setelah menyantap makanan berbuka.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Kalau itu terjadi, spesialis penyakit dalam dari RSCM, dr. Em Yunir, SpPD-KEMD, menyarankan kita lebih baik mengonsumsi makanan berbahan dasar sayur dan buah usai buka puasa.

2 dari 3 halaman

Buah dan Sayuran

Makan Buah dan Sayur
Ilustrasi makan buah dan sayur. (foto: shutterstock)

"Biasanya ada kondisi lapar secara psikis, karena di meja banyak makanan. Kalau masih lapar jangan ambil makanan berbahan dasar tepung-tepungan sepeti mie. Sebaiknya ambil salad, buah, sayuran," tuturnya, dilansir dari Antara.

Makanan berbahan dasar tepung misalnya mi instan bisa membuat pencernaan tak nyaman. Apalagi kalau disantap menjelang tidur.

Selain itu, mi instan memiliki efek negatif dalam proses pencernaan, sehingga tubuh tidak mampu menyerap nutrisi makanan sehat lain. Jadi kalau masih lapar, konsumsi saja sayuran atau buah-buahan yang lebih menyehatkan.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Seniman Tekstil Ubah Sampah jadi Aksesoris Selama 5 Dekade