Sukses

Selain Kurma, 4 Buah Ini Baik dan Cocok Dikonsumsi Saat Buka Puasa

Selain kurma yang selalu menjadi menu wajib, ada empat buah lainnya yang pas disantap saat berbuka puasa. Salah satunya apel.

Liputan6.com, Jakarta - Di bulan Ramadan biasanya banyak yang mengeluhkan kondisi badan yang menjadi kurang fit. Salah satu masalah yang kerap muncul saat puasa adalah kurangnya serat yang membuat sistem pencernaan tidak lancar.

Biasanya hal ini diakibatkan oleh kurangnya menjaga asupan makanan bernutrisi.Masalah lainnya adalah dehidrasi. Kekurangan cairan pada tubuh bisa berujung pada banyak hal, mulai dari konstipasi sampai sakit kepala. Karenanya, penting untuk memenuhi kebutuhan cairan harian saat buka puasa.

Selain memastikan minum air putih secara cukup, tambah lagi kebutuhan cairan harian tubuh dengan buah-buahan.  Salah satunya adalah kurma yang selalu menjadi menu berbuka wajib selama Ramadan.

[bacajuga:Baca Juga]3960774 3963360 3963512)     

Kandungan glukosa yang tinggi dalam buah yang berasal dari Timur Tengah ini menjadi alasan utama mengapa buah ini direkomendasikan sebagai menu berbuka puasa.

Tak hanya kurma, dilansir dari dream.co.id dan Good Housekeeping setidaknya ada empat buah-buahan lain yang sangat pas dan baik dikonsumsi saat berbuka puasa.

Apel

Apel kaya akan kandungan vitamin A, B, dan C yang dibutuhkan untuk menyeimbangkan nutrisi pada tubuh. Buah ini juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Apel juga bisa mengatasi masalah nafsu makan yang terlalu besar saat berbuka puasa.  Selain itu, mengonsumsi apel saat sahur dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alpukat

Alpukat mengandung zat besi, vitamin B, lemak serta minyak yang bisa menjadi sumber energi. Dengan mengonsumsi alpukat saat buka puasa, mampu menurunkan kolesterol dan juga menurunkan berat badan.

Blewah

Blewah sering dijadikan sajian untuk berbuka puasa karena rasanya yang sangat manis dan banyak cairannya sehingga akan membantu dalam penyerapan.

Selain itu, mengonsumsi blewah juga mampu membantu menyerap zat-zat yang tidak diperlukan dari makanan berbumbu, endapan obat-obatan bahkan mengatasi rasa mual akibat asam lambung

Pisang

Pisang mengandung vitamin A, B1, B2, dan C yang dapat meredakan asam lambung. Buah berwarna kuning ini pun mampu membantu menjaga keseimbangan air dalam tubuh.

Pisang juga dapat meredakan asam lambung Daging pisang yang lembut dapat melapisi dinding lambung jadi sangat cocok untuk para penderita maag yang berpuasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.