Cara Makan Tepat supaya Perut Tidak Begah Saat Buka Puasa

Oleh Asnida Riani pada 12 Mei 2019, 12:30 WIB
Diperbarui 13 Mei 2019, 15:14 WIB
makan bersama

Liputan6.com, Jakarta - Di samping menjalankan kewajiban sebagai seorang Muslim, sejatinya puasa memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk menurunkan gula darah dan kolesterol, serta tak jarang memangkas berat badan. Sayang, semua kelebihan ini bisa hilang jika Anda makan berlebihan ketika buka puasa.

Sebagaimana dirangkumkan Fimela.com, ternyata ada satu cara makan tepat saat membatalkan ibadah seharian penuh ini. Tipsnya adalah kunyah makanan secara perlahan.

Salah satu kesalahan yang kerap dilakukan saat buka puasa adalah mengunyah dan menelan makanan terlalu cepat. Selama berpuasa, perut dalam keadaan kosong dan otomatis pencernaan bekerja lebih lambat.

Mengunyah terlalu cepat dan menelannya dalam bentuk kasar akan membuat organ pencernaan bekerja ekstra untuk mencerna makanan.

Kunyah makanan secara perlahan saat buka puasa. Mengunyah perlahan akan membantu mengontrol nafsu makan berlebihan. Sinyal rasa kenyang biasanya akan sampai ke otak dalam waktu 15-20 menit. (Ivana Okta/Fimela.com)

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓