Sukses

Alasan Jangan Langsung Minum Teh Saat Buka Puasa

Kandungannya membuat teh dinilai kurang cocok diminum saat buka puasa, kenapa?

Liputan6.com, Jakarta - Teh kiranya bukanlah minuman yang asing ditemui di waktu buka puasa. Rasa rileks yang diberikan minuman satu ini ketika memasuki tenggorokan kering membuat tak sedikit orang ketagihan. Tapi, kebiasaan ini ternyata tak sebegitu baik.

Minum teh langsung saat buka puasa dalam keadaan perut kosong, menurut penelitian seperti dirangkumkan Fimela.com, dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh karena ketidakseimbangan zat asam-basa dalam perut.

Juga, teh memiliki sifat diuretik alami, yaitu mempercepat naiknya pembentukan urin sehingga Anda akan lebih sering buang air kecil. Hal ini menyebabkan tubuh justru mengalami dehidrasi karena cairan tubuh banyak dikeluarkan. Sedangkan selama buka puasa, Anda perlu mencukupi cairan untuk mengembalikan keoptimalan kinerja tubuh. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bahaya Minum Teh Saat Perut Kosog

Efek ringan yang dirasakan dari minum teh ketika perut kosong adalah pusing, pening, sakit kepala, mual, bahkan diare. Jadi, akan lebih baik jika minum air hangat terlebih dahulu tepat saat buka puasa dalam keadaan perut kosong.

Reaksi teh pada tubuh setiap orang bisa saja berbeda. Jika minum teh tak menimbulkan masalah atau justru memberi kenyamanan, Anda bisa tetap mengonsumsinya asal tidak berlebihan. (Febi Anindya Kirana/Fimela.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.