Batam Sediakan Beragam Paket Wisata Menarik Selama Ramadan

Oleh Cahyu pada 11 Mei 2019, 18:32 WIB
Diperbarui 11 Mei 2019, 19:17 WIB
Kemenpar

Liputan6.com, Batam Batam menawarkan beragam paket wisata menarik sepanjang Ramadan 1440 H. Misalnya, perayaan Mother Day 2019 dan Wonderfood Ramadan Batam, paket berlibur di Kepulauan Riau (Kepri) Coral dan Ranoh Island, serta Wonderfood Ramadan Batam yang berlangsung 11-24 Mei 2019. Wonderfood Batam ini buka setiap hari pukul 15.30-21.00 di Dataran Madani Batam Center, Batam, Kepri. 

Sementara itu, perayaan Mother Day 2019 berlangsung di Bay City, Harbour Bay, Batam, pada Sabtu (11/5). Perayaannya diisi dengan makan malam dan pertunjukan budaya.

“Wonderfood dan Mother Day (adalah) event besar. Ramadan momentum menjanjikan, pergerakan wismannya positif. Batam juga punya banyak destinasi unggulan. Experience-nya unik dan berbeda (di) setiap destinasi. Semuanya kini dikemas dalam paket wisata menarik, tetapi konten bisa menyesuaikan,” ujar Direktur PT Windy Berkah Sukses-Win Travel, Windy Budiarti Soedibyo, Sabtu (11/5/2019).

Win Travel sendiri menawarkan Paket One Day Tour Batam dengan harga Rp 250 ribu untuk enam pax. Destinasinya Jembatan Barelang, Welcome to Batam, Masjid Agung Batam, dan Nagoya Lama/Nagoya Hill, Masjid Cheng Ho, Miniatur Rumah Mini, dan Kedai Oleh-Oleh Batam.

“Ramadan di Batam memang menawarkan daya tarik luar biasa. Wisatawan bisa mendapatkan beragam experience saat ada di Wonderfood. Peserta pesta Mother Day asal Singapura juga bisa mengeksplorasi destinasi Batam dan sekitarnya. Apalagi, banyak TA/TO juga menawarkan paket wisata terbaiknya,” ucap Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar, Rizki Handayani.

Wisatawan juga bisa menikmati paket One Day Tour Bintan yang dibanderol Rp 300 ribu per orang. Berangkat dari Pelabuhan Punggur, paket ini sudah termasuk transportasi kapal menuju Bintan. Ada juga fasilitas makan, tiket, dan guide.

Walaupun hanya sehari berada di Bintan, ada lima destinasi yang dikunjungi. Wisatawan bisa mengeksplorasi Padang Pasir Busung atau Telaga Biru Bintan, Lagoi Bay, Treasure Bay, dan Ikon Patung Penyu. Padang Pasir Busung menjadi rujukan utama para wisatawan mancanegara (wisman) karena unik. Dari rentang Januari hingga Maret 2019, kawasan ini sudah dikunjungi 35.128 wisatawan.

Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati pesona Kepri Coral dan Ranoh Island yang sedang populer. Paket One Day Tour Kepri Coral berlaku bagi sedikitnya 10 orang. Harga paket dewasa Rp 700 ribu per pax, sedangkan tarif anak-anak Rp 500 ribu per orang.

Perjalanan ke Kepri Coral dimulai dari Pelabuhan KPC, Jembatan 6, Galang Baru. Berada di Kepri Coral, ada 19 wahana yang bisa dinikmati wisatawan. Sebut saja, snorkling, Undersea World, kayak, sepeda laut, fish feedingshark feeding, dan Tarzan House. Atau, pengunjung juga bisa membayar lebih untuk menikmati layanan Watersport Jetski, Quadski, Hovercraft, hingga Banana Boat.

“Paket wisata memberikan kemudahan bagi wisatawan. Sebab, semuanya sudah terukur. Selain waktu, biaya yang diperlukan juga sudah diketahui. Dengan beragam destinasi yang ditawarkan, harga paket sangat kompetitif. Jadi, momentum menarik ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin,” ucap Asdep Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar, Dessy Ruhati.

Belum berhenti di situ, Batam juga menawarkan Paket Ranoh Island yang berangkat dari Pelabuhan Labun, Pulau Galang. Untuk One Day Trip, wisman dikenai tarif 75 dollar Singapura per pax. Paket itu sudah termasuk snorkling, banana boat, coconut drink, dan buffet lunch. Ada juga paket 65 dollar Singapura dengan fasilitas coconut drink dan buffet lunch. Varian lainnya, paket 55 dollar Singapura dengan tambahan coconut drink.

Ranoh Island juga bisa dinikmati dengan Paket 2 Day 1 Night (2D1N) dengan harga Rp 1,25 juta per pax. Fasilitasnya meliputi transportasi, makan, snorkling, coconut drink, dan watersport. Ada juga tenda glamping untuk dua orang dan bunk bed bagi 12 orang.

“Batam dan Kepri sangat terkenal dengan wisata baharinya. Semuanya eksotis dan memberi experience berbeda. Paket-paket menginap yang ditawarkannya menarik. Apalagi, beberapa menawarkan konsep petualangan dengan glamping,” kata Kabid Pengembangan Pemasaran Area II Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar, Trindiana M Tikupasang.

Berada di Kepri belum lengkap kalau tidak berkunjung ke Tanjung Pinang. Ada paket One Day Tour Tanjung Pinang dengan special price Rp 300 per pax. Paket ini menawarkan destinasi Pulau Penyengat, Relief Gong Gong, Patung 1000, Jembatan Dompak, dan Kedai Cinderamata. Untuk pemesanan semua paket bisa melalui nomor +6281372203070 atau Instagram ‘Windywarawiri’.

“Pelaku industri pariwisata di Batam sangat mengerti kebutuhan wisatawan. Mereka menyiapkan paket menarik menurut destinasi, waktu, dan harganya. Semuanya kompetitif. Silahkan saja pilih paket-paket yang diinginkan. Selain atraksinya, Batam dan Kepri didukung oleh aksesibilitas juga amenitas terbaik,” ujar Menteri Pariwisata, Arief Yahya.

 

(*)