Tips Tetap Sehat Selama Jalani Puasa Ramadan ala Shopee

Oleh Asnida Riani pada 11 Mei 2019, 13:30 WIB
Diperbarui 11 Mei 2019, 14:17 WIB
Shopee

Liputan6.com, Jakarta - Penyesuaian waktu demi memaksimalkan ibadah puasa selalu terjadi di bulan Ramadan. Dalam pergeserannya, menjaga tubuh tetap sehat tentu penting dilakukan. Jangan sampai kebiasaan menerapkan pola hidup sehat hilang di Bulan Suci.

“Di Shopee, tren pembelian produk yang menunjang gaya hidup sehat, yakni produk olahraga, naik sebesar dua kali lipat dibanding tahun lalu," kata Country Brand Manager Shopee Rezki Yanuar dalam BincangShopee "Sehat Saat Ramadan ala Shopee" di kawasan Kuningan, Jakarta, Jumat, 10 Mei 2019.

Menunjang animo publik, Shopee bersama aktor dan presenter olahraga, Ibnu Jamil, Annissa Munaf selaku fitness trainer, dan Medical Advisor PT Bayer Indonesia dr. Suci Sutinah Diah Suksmasari memberikan kiat tubuh sehat selama Ramadan.

Soal waktu olahraga di bulan Ramadan, Ibnu menuturkan, pilih saat di mana tubuh merasa paling siap, lantaran Anda sendirilah yang tahu kondisi badan. Juga, sesuaikan jenis olahraga dengan kondisi tubuh saat itu.

Annisa menambahkan, disarankan melakukan olahraga low impact dalam kondisi puasa dan waktunya jangan lebih lama dari biasa berolahraga. Anda bisa lakukan olahraga ringan di pagi hari dan sedikit berat saat menjelang buka puasa.

"Disarankan jangan berolahraga dalam kondisi berpuasa kalau di sehari-harinya tidak pernah olahraga," tegas dr. Suci. Di samping jenis olahraga dan waktu pelaksanannya, faktor yang tak kalah penting dalam menunjang tubuh sehat selama Ramadan adalah perhatikan waktu tidur, serta makanan yang dikonsumsi.

"Jangan olahraga semisal jam tidurnya kurang dari 7 jam," kata Ibnu. "Saat buka puasa dan sahur, sangat disarankan makan makanan yang high protein dan kaya serat," sambung Annisa.

2 of 4

Manfaat Olahraga Selama Jalani Puasa Ramadan

Shopee
Workshop di Bincang Shopee dengan tema "Sehat Saat Ramadan ala Shopee" di Kantorkuu Co-Working Space, Kuningan, Jakarta Selatan, 10 Mei 2019. (dok. Shopee Indonesia)

Annissa mengatakan, ada banyak manfaat olahraga, apalagi jika dijalani saat puasa Ramadan. "Pertama, pembakaran lebih cepat karena perut kita kosong. Pembentukan tubuh juga jadi lebih cepat," tuturnya.

Fenomena masyarakat mengatakan takut olahraga saat puasa dapat membuat tubuh makin lemas dinilai tak benar. Pasal, kata Annisa, kegiatan ini malah akan membuat stamina tubuh meningkat dan lebih segar.

3 of 4

Big Ramadan Sale Shopee

Shopee
Bincang Shopee dengan tema "Sehat Saat Ramadan ala Shopee" di Kantorkuu Co-Working Space, Kuningan, Jakarta Selatan, 10 Mei 2019. (Liputan6.com/Asnida Riani)

Menemani semangat pengguna untuk tetap sehat selama Ramadan, Shopee mempersembahkan "Big Ramadhan Sale" hingga 31 Mei 2019. "Akan ada banyak penawaran menarik dari berbagai kategori, termasuk produk olahraga," kata Rezki.

Pengguna dapat menikmati promo di antaranya Goyang Shopee senilai Rp 10 miliar, kesempatan memenangkan hadiah umrah melalui program Serba 10 Ribu, Gratis Ongkir 10 kali, serta potongan harga hingga 90 persen.

Tahun ini, Shopee juga meluncurkan fitur terbaru, Shopee Feed. "Di sini para pengguna bisa mengetahui update dan tren terkini dari para penjual. Jadi, foto yang diunggah penjual bisa langsung mengarah ke produk. Bisa like dan comment juga seperti media sosial,” papar Rezki.

4 of 4

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓