Sukses

Quraish Shihab Menggagas Laman Cariustadz.id, Apa Itu?

Laman CariUstadz.id memudahkan kaum muslim urban, dalam menemukan ustaz atau ustazah yang kompeten dan punya gaya dakwah yang modern.

Liputan6.com, Jakarta - Penceramah agama atau sering disebut ustaz sepertinya sudah menjadi kebutuhan banyak orang terutama umat muslim. Bukan hanya di acara-acara keagamaan seperti pengajian, acara lain seperti syukuran, reuni atau bahkan pertemuan keluarga, kerap menghadirkan ustaz.

Ada sejumlah cara untuk bisa mendatangkan ustaz. Salah satunya melalui laman CariUstadz.id yang memudahkan kita, khususnya Muslim urban, dalam menemukan ustaz atau ustazah yang bukan hanya kompeten, tapi juga punya gaya dakwah yang dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Namun ada beberapa syarat khusus untuk bisa dimasukkan ke situs ini. "Syaratnya ada tiga, yaitu berilmu, toleran, dan apakah muridnya bertambah pengetahuan atau tidak," terang ahli tafsir Alquran, Profesor Muhammad Quraish Shihab, di acara peluncuran CariUstadz.id di Masjid Cut Meutia, Jakarta Pusat, Kamis, 9 Mei 2019.

Laman ini digagas oleh Pusat Studi Al-Quran (PSQ). Menurut Quraish yang juga terlibat di PSQ, laman tersebut menampilkan sosok yang bukan hanya punya kompetensi mumpuni, tapi juga sosok yang ramah dan moderat.

Ada satu hal lagi yang jadi alasan utama ayah dari presenter Najwa Shihab ini menggagas laman tersebut.

"Saya ini sudah tua, jadi kemampuan berpikir sudah tidak seperti dulu waktu masih muda. Jadi perlu ada regenerasi. Selain itu, masyarakat juga harus tahu kalau yang ahli tafsir itu bukan hanya saya, ada banyak ustaz yang kompeten tapi belum terlalu dikenal. Kebetulan saya dikenal karena sering tampil di televisi," tutur pria kelahiran 75 tahun lalu itu.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

250 Ustaz dan Ustazah

Pada setiap profil ustadz atau ustazah yang ada di laman itu, dapat ditemukan pula tautan ke akun media sosial mereka masing-masing. Dengan begitu masyarakat dapat meninjau lebih jauh pendekatan dakwah sang ustaz, meski belum pernah bertemu langsung.

"Kita baru beroperasi mulai April lalu dan sudah banyak menyeleksi ustaz dan ustazah. Sampai saat ini sudah ada sekitar 250 orang yang ada di laman kita, dan jumlahnya akan terus berkembang. Tapi untuk sekarang ini kita baru bisa melayani wilayah Jabodetabek," terang KH Ali Nurdin pada Liputan6.com dalam kesempatan yang sama.

Di laman Cari Ustadz.id para pengguna dapat mengawali pencariannya dengan memilih kebutuhan. Maksudnya adalah apakah kebutuhan tersebut untuk kajian keluarga, bimbingan perseorangan, atau peringatan Hari Besar.

Langkah selanjutnya adalah filter pencarian. Pada tahap ini, ada beberapa filter seperti jenis kelamin dan ditutup dengan kontak para ustaz/ustazah yang dikehendaki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.