Sukses

6 Manfaat Daun Sirih yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Terkait Jerawat

Daun sirih banyak digunakan dalam produk pembersih area kewanitaan atau bahkan pasta gigi, Tapi ternyata, manfaatnya jauh lebih banyak dari itu.

Liputan6.com, Jakarta - Daun sirih merupakan daun yang banyak digunakan untuk campuran bahan produk seperti pasta gigi, pembersih kewanitaan, maupun obat, hingga sabun pencuci piring. Bahkan, daun sirih menjadi bahan yang wajib ada dalam budaya nyirih.

Namun, daun yang permukaannya bersisik itu tak hanya bermanfaat untuk hal itu. Liputan6.com telah merangkum enam manfaat daun sirih yang dilansir dari Style Craze, Jumat, 10 Mei 2019.

1. Analgesik

Tak disangka, daun sirih dapat menyembuhkan dari rasa sakit. Sirih dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit saat luka, memar, ruam, radang di dalam maupun luar, gangguan pencernaan, dan sembelit.

Anda dapat membuat pasta dari daun dan mengoleskannya pada bagian tubuh yang luka. Anda juga bisa mengunyah sirih maupun meminum jusnya untuk menghilangkan sakit di bagian dalam.

2. Meningkatkan Nafsu Makan

Nafsu makan yang berkurang diakibatkan oleh gangguan yang ada di dalam perut. Kadar pH yang normal dapat memicu hormon lapar dalam jumlah yang optimal. Daun sirih mampu mengembalikan tingkat pH normal lambung dengan membuang semua racun sehingga dapat meningkatkan nafsu makan Anda.

3. Menghilangkan Jerawat dan Gangguan Kulit Lainnya

Daun sirih dapat menghilangkan jerawat, flek hitam, dan sebagainya. Antimikroba yang terkandung dalam daun sirih pun mampu mengobati alergi, gatal, dan bau badan.

Tinggal hancurkan beberapa daun sirih lalu ekstrak jus nya. Campurkan dengan sedikit kunyit dan olehkan pada jerawat maupun bagian kulit yang alergi. Bisa pula rebus beberapa daun dan dijadikan cuci muka untuk mengobati maupun mencegah masalah kulit.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Menghilangkan Sakit Telinga

Sakit dalam telinga bisa membuatnya iritasi yang menyakitkan. Jus atau minyak daun sirih dapat mengobati sakit telingan. Cukup campur jus daun sirih atau minyaknya dengan minyak kelapa. Teteskan sebanyak dua tets pada telinga Anda.

Simak juga: 39 Manfaat Daun Sirih Merah dan Hijau Untuk Mata, Wajah, Juga Bagi Wanita

5.Mencegah Bau Badan

Daun sirih dapat mencegan bau badan Anda. Tinggal tambahkan jus daun sirih atau minya daun sirih dalam bak mandi agar segar sepanjang hari. Anda juga bisa minum rebusan daun sirih dan tambahan sesendok gula putih.

6. Mengobati Sakit Kepala

Daun sirih merupakan salah satu obat sakit kepala yang ampuh karena mengandung analgesik serta memberika efek meredakan. Anda tinggal menempelkan daun sirih di bagian dahi. Anda juga bisa menggunakan minyak sirih yang dioleskan kebagian kepala. (Fairuz Fildzah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.