Sukses

Trisakti Tourism Award Siap Memajukan Destinasi Nasional

Trisakti Tourism Award serta rangkaian acara Destinasi Indonesia Expo & Conference menjadi salah satu ajang untuk mengembangkan destinasi nasional.

Liputan6.com, Jakarta - Keindahan kekayaan alam Indonesia memang tak terbantahkan. Dari Sabang hingga Merauke, Nusantara memiliki segudang destinasi wisata cantik nan memesona. Untuk memaksimalkan potensi wisata, hadir pula sebuah ajang penghargaan bertajuk Trisakti Tourism Award.

Pertama kali dihelat, ajang ini diperuntukan bagi pemerintah daerah di Indonesia. Penghargaan diberikan kepada pemerintah kabupaten dan kota Tanah Air yang berprestasi mengelola, membangun, dan mengembangkan sektor pariwisata lewat semangat Trisakti Bung Karno.

"Trisakti Tourism Award bertujuan untuk memajukan destinasi nasional kita lewat gerakan pemerindah daerah, kabupaten, yang diprakarsai oleh Yayasan Kusuma Pertiwi," jelas Sapta Nirwandar, selaku Ketua Dewan Juri Trisakti Tourism Award di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta Pusat, Rabu, 8 Mei 2019.

Sapta juga menambahkan Trisakti merupakan suatu filosofi yang mendasar, kuat, sekaligus historikal gagasan Bung Karno. Terdapat tiga aspek mulai dari kemandirian di bidang politik, ekonomi, serta budaya.

Selain itu, Trisakti Tourism Award menyasar sektor pariwisata sebagai unggulan daerah dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah atau PAD dari sektor pariwisata.

"Pariwisata adalah atu industri yang paling cepat berkembang dan bergerak, beradaptasi dengan kondisi zaman," lanjut Sapta.

Sementara, ajang ini terbuka bagi seluruh pemerintah kabupaten dan kota se-Indonesia yang mempunyai prestasi khususnya di sektor pariwisata dari 2016 hingga 2019. Lalu, mendokumentasikan proses pembangunan sesuai tematik yang meliputi wisata bahari, ekowisata, wisata petualang, wisata budaya dan sejarah serta wisata kuliner dan belanja.

Pendaftaran Trisakti Tourism Award dapat dilakukan dengan mengisi formulir pendaftaran dan mengirimkan atau mengunggah video profil pariwisata melalui laman trisaktiaward.com.

Video profil berisi visi dan misi Pemda, implementasi pembangunan pariwisata, keunggulan, atraksi, aksesibilitas, amenitas berdurasi 3 menit. Lalu, seleksi dilakukan melalui wawancara serta kunjungan jika diperlukan.

Penganugerahan Trisakti Tourism Award dijadwalkan diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo dan disaksikan oleh Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri pada Kamis, 27 Juni 2019, di Cendrawasih Room, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Destinasi Indonesia Expo & Conference

Selain kompetisi, Trisakti Tourism Award juga menghadirkan Destinasi Indonesia Expo & Conference, sebuah pameran dan konferensi yang berisi mengenai potensi pariwisata daerah. Acara ini akan berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat pada 27-29 Juni 2019.

Destinasi Indonesia Expo & Conference diharapkan dapat berperan serta sebagai media untuk memperkenalkan destinasi wisata Nusantara sekaligus program-program terkait pariwisata yang disiapkan pemerintah daerah, hingga paket wisata.

Sementara untuk Destinasi Indonesia Conference atau konferensi Destinasi Indonesia menjadi ajang berkumpul seluruh pihak yang berkepentingan dalam pariwisata dan destinasi.

Acara ini akan dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani. Rencananya, Destinasi Indonesia Expo & Conference akan diikuti oleh 200 peserta expo. Tema yang diusung adalah Destinasi Pariwisata Indonesia dalam Era Ekonomi 4.0.

"Visi conference terkait dengan pariwisata tidak bisa menolak teknologi, tidak bisa lepas dari internet dan elektronik karena alat canggih menjadi media untuk maju," kata Sapta.

Tak ketinggalan, acara ini juuga akan menghadirkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Panjaitam sebagai key note speaker serta Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo sebagai honorable speaker.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.