Hindari Makanan yang Sebabkan Perut Kembung Saat Puasa Ramadan

Oleh Asnida Riani pada 10 Mei 2019, 04:09 WIB
Diperbarui 11 Mei 2019, 22:13 WIB
Ilustrasi

Liputan6.com, Jakarta - Semangat puasa Ramadan mestinya terefleksi pada menu yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka. Pasal. pilihan sajian ini sangat memengaruhi stamina saat menjalani ibadah wajib selama satu bulan.

Menyeimbangkan nutrisi dengan konsumsi buah dan sayur masih jadi saran terbaik agar tubuh tetap fit. Tapi, hati-hati. Sebab beberapa buah dan sayur malah memberi efek perut kembung. Fimela.com merangkumkan, baiknya batasi konsumsi makanan ini selama puasa Ramadan.

1. Brokoli

Sayuran jenis cruciferous ini mengandung gas yang bisa memicu perut kembung. Begitu pula dengan sayuran jenis cruciferous lain seperti kol, kale, kembang kol, pakcoy, dan lobak.

2. Dairy product

Susu, keju, mentega merupakan produk olahan susu yang paling umum dikonsumsi. Tapi, konsumsi saat puasa bisa membuat perut kembung, bahkan diare saat menjalankan puasa Ramadan.

2 of 3

Makanan Sebabkan Perut Kembung

manfaat makan apel
Photo by Benjamin Wong on Unsplash

3. Apel

Buah satu ini mengandung kadar fruktosa yang cukup tinggi. Hal ini memicu kemungkinan perut kembung dan gangguan masalah pencernaan. Buah lain yang mengandung kadar fruktosa tinggi di antaranya pir, semangka, dan mangga. Untuk buah-buahan, coba cari alternatif lain seperti pisang, alpukat, atau melon.

4. Soda

Tidak sedang berpuasa pun soda tidak baik dikonsumsi. Minuman ini mengandung banyak karbondisoksida yang bisa membuat perut kembung. (Fitri Andiani/Fimela.com)

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓