Sukses

Hindari Makanan yang Sebabkan Perut Kembung Saat Puasa Ramadan

Dengan kandungan tertentu, makanan-makanan ini sebaiknya dihindari agar perut tidak kembung selama puasa Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta - Semangat puasa Ramadan mestinya terefleksi pada menu yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka. Pasal. pilihan sajian ini sangat memengaruhi stamina saat menjalani ibadah wajib selama satu bulan.

Menyeimbangkan nutrisi dengan konsumsi buah dan sayur masih jadi saran terbaik agar tubuh tetap fit. Tapi, hati-hati. Sebab beberapa buah dan sayur malah memberi efek perut kembung. Fimela.com merangkumkan, baiknya batasi konsumsi makanan ini selama puasa Ramadan.

1. Brokoli

Sayuran jenis cruciferous ini mengandung gas yang bisa memicu perut kembung. Begitu pula dengan sayuran jenis cruciferous lain seperti kol, kale, kembang kol, pakcoy, dan lobak.

2. Dairy product

Susu, keju, mentega merupakan produk olahan susu yang paling umum dikonsumsi. Tapi, konsumsi saat puasa bisa membuat perut kembung, bahkan diare saat menjalankan puasa Ramadan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makanan Sebabkan Perut Kembung

3. Apel

Buah satu ini mengandung kadar fruktosa yang cukup tinggi. Hal ini memicu kemungkinan perut kembung dan gangguan masalah pencernaan. Buah lain yang mengandung kadar fruktosa tinggi di antaranya pir, semangka, dan mangga. Untuk buah-buahan, coba cari alternatif lain seperti pisang, alpukat, atau melon.

4. Soda

Tidak sedang berpuasa pun soda tidak baik dikonsumsi. Minuman ini mengandung banyak karbondisoksida yang bisa membuat perut kembung. (Fitri Andiani/Fimela.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.