Sukses

6 Jenis Kurma yang Banyak Dicari Saat Bulan Ramadan, Apa Saja?

Kurma diyakini berasal dari Irak. Buah ini menjadi salah satu santapan favorit saat berbuka puasa Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta - Kurma berasal dari pohon palem yang banyak tumbuh di negara-negara Timur Tengah. Tak hanya punya manfaat yang luar biasa, dalam budaya Arab kurma berhubungan dengan murah hati dan rasa syukur.

Pohon kurma bisa mencapai 21 hingga 23 meter tingginya. Panjang daunnya bisa mencapai empat hingga enam meter. Kurma telah tumbuh lebih dari 50 juta tahun dan diyakini berasal dari Irak dan kemudian dibudidayakan di negara lain seperti Mesir dan Pakistan.

Kurma bisa dikonsumsi langsung dari pohonnya maupun dikeringkan terlebih dahulu. Kurma yang banyak dibeli di pasar atau supermarket merupakan contoh kurma kering yang banyak dikonsumsi masyarakat di dunia. Berikut enam jenis kurma yang banyak dikonsumsi saat Bulan Ramadan yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber.

1. Kurma Ajwa

Kurma yang satu ini populer dengan sebutan kurma nabi karena dipercaya menjadi favorit Nabi Muhammad SAW. Bentuknya kecil dengan cokelat tua cenderung hitam. Teksturnya pun halus dan lembut. Kurma ini banyak dibudidayakan di Madinah.

2. Kurma Deglet Noor

Kurma ini berarti "Kurma yang Bercahaya" karena buahnya berwarna emas atau terang ketika berada di bawah matahari. Tekstur kurma ini sangat lembut dan rasanya seperti madu. Kurma ini banyak tumbuh di Tunisia, Algeria, bahkan Amerika Serikat.

Saksikan video pilihan di bawah ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Kurma Halawi

Pecinta makanan manis pasti akan suka dengan kurma yang satu ini. Kurma Halawi merupakan kurma yang sangat manis. Nama Halawi sendiri berasal dari bahasa Arab yang berarti manis. Ukurannya kecil dan sangat lembut.

4. Kurma Zaghloul

Kurma ini dikenal dengan kurma merah. Kurma Zaghloul berwarna merah saat masih muda. Bentuknya panjang dan agak lonjong. Rasanya pun sangat manis. Kurma ini berasal dari Mesir dan termasuk kurma yang harganya mahal.

5. Kurma Thoory

Kurma ini biasa disebut kurma Thuri. Thuri disebut sebagai "kurma roti" karena teksturnya keras dan seperti kue. Kurma ini sangat populer di Aljazair. Warnanya sedikit cokelat kemerahan dan kulitnya cenderung keriput.

6. Kurma Khadrawi

Kurma Khadrawi berasal dari Irak. Walaupun ukurannya kecil, kurma ini memiliki kadar air yang tinggi. Rasanya yang tidak terlalu manis cocok untuk Anda yang kurang suka makanan rasa manis. Warnanya merah gelap dan kulitnya kering bersisik seperti kertas. (Fairuz Fildzah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.