Ragam Kuliner Nikmat di Semarang Ini Patut Dicoba Saat Mudik

Oleh Cahyu pada 07 Mei 2019, 10:44 WIB
Diperbarui 07 Mei 2019, 11:17 WIB
Kemenpar
Liputan6.com, Semarang
Kota Semarang terkenal akan ragam kulinernya yang banyak. Beragam pilihan makanan ini pun dapat masyarakat nikmati saat Lebaran nanti. Asyiknya, kuliner ini berada di spot strategis dengan aksesibilitas mudah. 
 
“Beragam kuliner terbaik ada di Semarang. Cita rasanya nikmat dan sangat otentik. Silahkan singgah di destinasi kuliner tersebut. Silahkan nikmati ragam jenis kulinernya. Pokoknya semuanya akan memberi kesan yang berbeda dan luar biasa,” ujar Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya.
 
Secara historis, kuliner Kota Semarang dipengaruhi oleh empat budaya, yaitu Jawa, Arab, India, dan Belanda. Akulturasi budaya ini membuat ragam kuliner di Semarang tumbuh pesat. 
 
“Semarang ini salah satu destinasi kuliner terbaik di Indonesia. Publik mancanegara juga sudah tahun akan hal ini. Untuk itu, saat pulang kampung nanti, Kota Semarang merupakan tempat terbaik untuk berburu kuliner nikmat dan legendaris,” ucap Arief.
 
TripAdvisor merilis 10 rekomendasi kuliner terbaik di Kota Semarang. Adapun etalase rujukan kuliner terbaik ada di #PesonaKulinerLebaran2019, #10TopKulinerLebaran2019, dan #PesonaIndonesia. Berikut ini rincian Top 10 Kuliner Terbaik Mudik Lebaran 2019 yang bisa dikunjungi.
 
1. Leonpia Gang Lombok
 
Berada di Kota Semarang kurang lengkap kalau belum menyantap lumpia. Tempat lumpia terkenal ada di Gang Lombok, Pecinan, Semarang. Julukan Semarang sebagai kota lumpia juga berasal dari gang ini. Kuliner ini perpaduan kultur Jawa dan Tiongkok dengan rebung dan udang sebagai isiannya. Gang Lombok juga mengkombinasikan loenpianya dengan telur, udang, dan bawang.
 
Ada dua jenis lumpia yang bisa dinikmati, yaitu basah dan goreng. Untuk isian, rebung memakai bambu betung.  Karena tidak memakai bahan pengawet, lumpia basah ini hanya tahan 24 jam saja. Saking nikmatnya loenpia, 167 responser TripAdvisor memberi label makanan ini luar biasa dan 168 memberi kategori sangat bagus. 
 
2. Warung Soto Bangkong
 
Sama seperti wilayah lainnya, Kota Semarang juga memiliki soto khas yang nikmat, yaitu Soto Bangkong. Nama Bangkong diambil dari lokasinya yang berada di perempatan Bangkong. Salah satu kunci nikmat Soto Bangkong adalah kecapnya yang diproduksi sendiri. Mereka juga menggunakan ayam kampung sehingga membuat kuah menjadi gurih dan nikmat.
 
Menambah daya tarik tampilan, Soto Bangkong juga diisi irisan tomat, bihun, tauge, bawang merah, dan bawang putih. Biasanya soto ini didampingi sate ati, kerang, hingga telur puyuh. Ada juga sate tempe, tahu, dan perkedel. Rasa soto semakin nikmat bila dikombinasi dengan sate kerang. Untuk menikmati Soto Bangkong, silakan menuju perempatan Bangkong, Semarang, mulai pukul 18.00 WIB.
 
3. Soto Kudus Mbak Lin
 
Kota Semarang juga memiliki koleksi Soto Kudus yang super nikmat. Soto Kudus Mbak Lin berada di Jalan Ki Mangunsarkoro, No.15, Semarang. Ada banyak varian soto yang ditawarkan. Mulai dari berkuah bening, kecokelatan, atau kuning kecokelatan. Selain itu, ada juga nuansa Kudus dengan kuah sedikit keruh dan kekuningan.
 
Sebagai menu pendamping, ada juga sate telur puyuh, sate daging ayam, sate usus ayam, sate ampela, hingga sate telur muda. Soto menjadi semakin nikmat bila dimakan bersama bergedel dan sate kerang.
 
4. Lekker Paimo
 
Semarang menawarkan sisi terbaik dari kuliner Lekker Paimo. Kuliner ini sangat legendaris. Lokasinya ada di Jalan Ki Mangunsarkoro, Semarang. Ada ragam varian yang ditawarkan, seperti keju sosis mozzarella. Harganya sekitar Rp 30 ribu per porsi. Sensasi rasanya kian gurih dengan topping sosis, daun bawang, dan telur ayam.
 
Selain itu, ada juga lekker cokelat keju yang dibanderol Rp 4.000 per porsi. Lekker pisang cokelat keju memiliki tekstur lebih tipis. Sensasi rasanya manis dan sangat menggoyang lidah. Leeker Paimo ini buka mulai pukul 09.00-17.00 WIB. Lekker ini juga membuka cabang di Jalan Karanganyar No. 37 atau di depan SMA Kolase Loyola.
 
5. Loenpia Mbak Lien
 
Lumpia lain yang terkenal di Kota Semarang adalah Loenpia Mbak Lien. Mbak Lien adalah generasi ke-empat dari pencipta resep lumpia Semarang Tjoa Thay Yoe. Mempertahankan tradisi, Loenpia Mbak Lien dijual secara kaki lima dengan konsep kafe tempo dulu. Varian lumpia yang ditawarkannya adalah basah dan goreng.
 
Untuk lumpia basah, isiannya sudah matang. Rasanya otentik agak manis dengan rebung dan telur yang ada di dalamnya. Selain lumpia, pengunjung bisa menikmati minuman seperti teh, kopi, espresso, coklat, dan beragam minuman dingin lain. Lumpia ini ada di Gang Grajen, Jalan Pemuda Nomor 1, Pandansari, Semarang Tengah, Semarang.
 
6. Soto Selan
 
Warung Soto Selan sudah beroperasi 1955. Lokasinya berada di Jalan Depok Nomor 36D, Kembangsari, Semarang Tengah, Kota Semarang. Fisik bangunannya unik dengan arsitektur kuno berlantai 2. Saat ini, Soto Selan dikelola oleh generasi ke-tiga. Penyajiannya unik dengan komposisi nasi putih, taoge rebus, irisan seledri, suwiran daging ayam, dan taburan bawang putih goreng.
 
Rasa kaldunya terasa gurih dengan warna bening. Soto ini menggunakan ayam kampung dan sangat empuk. Porsinya terbagi besar, medium, dan kecil. Soto Selan juga menyediakan sate telur puyuh, sate kerang, sate kulit ayam, otak sapi, ayam goreng, tempe goreng, perkedel, dan hati ampela. Untuk cita rasa pedas ada dua pilihan sambal, seperti sambal merah dan pedas manis.
 
7. Tong Tji Cafe Lobby Hotel Hom
 
Menikmati teh hangat khas Tong Tji menjadi momentum terbaik saat berkunjung ke Semarang. Aroma dan rasa teh ini sangat khas. Varian pilihannya juga beragam. Pengunjung juga bisa merasakan kenikmatan kuliner nasi goreng, tahu bakso, dan tempe mendoan. Silahkan datang ke Jalan Pandanaran Nomor 119, Mugassari, Semarang Selatan, Kota Semarang.
 
8. Gulai Kepala Ikan Pak Untung
 
Pak Untung merupakan spesialis Gulai Kepala Ikan. Lokasi gerainya berada di Jalan Siwalan Nomor 1, Semarang, Jawa Tengah. Setiap harinya buka mulai pukul 10.00-21.00 WIB. Hari operasinya hanya Senin sampai Sabtu, untuk hari libur nasional tetap buka. Selama barada di sana, pengunjung bisa memilih aneka menu dengan cita rasa nikmat.
 
Menu utamanya adalah Gulai Kepala Ikan dengan varian Kepala Nila, Salmon, dan Kakap. Ada juga menu lainnya, seperti Gulai Belly Nila dan Belly Nila Goreng. Untuk harganya pun sangat ramah, berkisar Rp 8.000 hingga Rp 30,000. Lokasi Gulai Kepala Ikan Pak Untung sangat strategis. Posisinya berada di Jalan Siwalan Nomor 1, Pemuda, Semarang, Jawa Tengah.
 
9. Ajam Goreng Lombok Idjo
 
Ajam Goreng Lombok Idjo merupakan destinasi terbuka bagi semua kalangan. Lokasinya berada di Jalan Gajah Mada Nomor 158, Semarang. Menu yang ditawarkannya sangat banyak. Ada ayam goreng/bakar, kepala goreng, empal penyet sambal terasi, ati ampela goreng, tahu/tempe, dan sayur bening.
 
Ada juga varian menu balado terong, pete goreng, sop, dan sayur asem. Adapun menu minuman yang ditawarkan antara lain soda soemringah, es sedjoek, es tipis, wedang tomat, es kelapa muda, es kejer, djoes djeruk, dan djoes semangka.
 
10. Super Penyet
 
Super Penyet juga menjadi salah satu lokasi terbaik untuk hangout dan kuliner. Ada banyak keunikan yang ditawarkan, selain cita rasanya yang juara. Spot ini merupakan surganya bagi para pecinta sambal. Varian sambalnya mulai dari terasi segar, kalasan, dondong, dabu-dabu, hingga korek. Rasanya pun beragam, pedas, asam, dan manis. 
 
Super Penyet menyediakan sajian berupa telur penyet, tahu pletok, super ayam penyet, super bakso penyet, hingga super empal penyet. Ada juga super bebek penyet, super udang penyet, super iga penyet, super buntut penyet, dan bandeng presto. Menu ditawarkan dengan harga Rp 3.500 hingga Rp30 Ribu. Untuk minuman, ada Es Fantasi Buah, Es Hijau Daun, Es Fun Jelly, Es Putri Salju, dan Es Hitam Manis.
 
Lokasi dari Super Penyet berada di Jalan Gajah Mada, Nomor 87 , Semarang. Cabang lainnya di Jalan Setiabudi Nomor 207, Banyumanik, dan Jalan Brigjen Katamso Nomor 22, Majapahit.
 
Selamat menikmati!
 
 
(*)