Sukses

Air Lemon Bisa Menurunkan Berat Badan, Mitos atau Fakta?

Liputan6.com, Jakarta - Minum air putih yang dicampur perasan jeruk lemon dianggap bisa melunturkan lemak. Anda mungkin sudah sering mendengar kalau air lemon sangat pas dikonsumsi untuk diet atau menurunkan berat badan.

Lemon dipercaya mampu mengecilkan perut buncit. Karena itu, minuman tersebut sangat sering dikonsumsi pelaku diet. Minuman ini juga diyakini mampu meningkatkan metabolisme serta menghilangkan racun di dalam tubuh.

Namun apakah klaim itu benar? Tahukah Anda apakah lemak di tubuh benar-benar hilang setelah kita mengonsumsi air jeruk lemon? 

Dilansir Medical Daily, 29 April 2019, perasan air jeruk lemon hanya menambah rasa pada minuman. Belum ada yang bisa membuktikan minuman ini bisa meluruhkan lemak di tubuh kita.

Minuman ini memang bisa membantu menurunkan berat badan, namun dengan cara yang berbeda. Mereka yang menjalani diet setidaknya harus minum sekitar 400 ml air putih dicampur lemon kalau ingin berat badan menurun.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diminum Sebelum Makan

Hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal Obesity menyebutkan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi minuman ini secara rutin bisa cepat langsing.

Penyebabya, minum air sebelum makan membuat perut terisi penuh dan lebih cepat kenyang.Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, air lemon perlu diminum pada pagi hari dengan perut yang masih dalam keadaan kosong.

Meski bermanfaat untuk kesehatan, ada hal yang perlu diwaspadai dari konsumsi lemon. Seperti diketahui, buah ini terasa sangat asam yang ternyata dapat merusak email gigi. Untuk menghilangkan pengaruh buruknya, segeralah sikat gigi dan berkumur setelah 30 menit mengonsumsi lemon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.