Air Lemon Bisa Menurunkan Berat Badan, Mitos atau Fakta?

Oleh Henry Hens pada 07 Mei 2019, 04:03 WIB
Tak cuma wajah, lemon juga bisa dipakai merawat rambut sampai ketiak

Liputan6.com, Jakarta - Minum air putih yang dicampur perasan jeruk lemon dianggap bisa melunturkan lemak. Anda mungkin sudah sering mendengar kalau air lemon sangat pas dikonsumsi untuk diet atau menurunkan berat badan.

Lemon dipercaya mampu mengecilkan perut buncit. Karena itu, minuman tersebut sangat sering dikonsumsi pelaku diet. Minuman ini juga diyakini mampu meningkatkan metabolisme serta menghilangkan racun di dalam tubuh.

Namun apakah klaim itu benar? Tahukah Anda apakah lemak di tubuh benar-benar hilang setelah kita mengonsumsi air jeruk lemon

Dilansir Medical Daily, 29 April 2019, perasan air jeruk lemon hanya menambah rasa pada minuman. Belum ada yang bisa membuktikan minuman ini bisa meluruhkan lemak di tubuh kita.

Minuman ini memang bisa membantu menurunkan berat badan, namun dengan cara yang berbeda. Mereka yang menjalani diet setidaknya harus minum sekitar 400 ml air putih dicampur lemon kalau ingin berat badan menurun.

2 of 3

Diminum Sebelum Makan

Lemon Tea
ilustrasi/copyright pexels.com/rawpixels

Hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal Obesity menyebutkan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi minuman ini secara rutin bisa cepat langsing.

Penyebabya, minum air sebelum makan membuat perut terisi penuh dan lebih cepat kenyang.Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, air lemon perlu diminum pada pagi hari dengan perut yang masih dalam keadaan kosong.

Meski bermanfaat untuk kesehatan, ada hal yang perlu diwaspadai dari konsumsi lemon. Seperti diketahui, buah ini terasa sangat asam yang ternyata dapat merusak email gigi. Untuk menghilangkan pengaruh buruknya, segeralah sikat gigi dan berkumur setelah 30 menit mengonsumsi lemon.

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓