Sukses

6 Jenis Roti yang Perlu Anda Ketahui, dari Sourdough hingga Ciabatta

Roti tak hanya sebatas roti tawar atau roti gandum. Ternyata banyak jenis roti dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Roti bagi orang Barat merupakan makanan utama yang biasa dikonsumsi setiap makan. Bahan utama roti berupa tepung membuat roti sebenarnya bersifat mengenyangkan. Hanya saja budaya di Indonesia "belum makan kalau belum makan nasi" membuat banyak orang berpikir makan roti hanyalah camilan.

Roti sangatlah bermacam-macam di dunia. Hanya saja di Indonesia umumnya roti yang dikonsumsi seperti roti tawar dan roti isi. Tak banyak yang tahu ternyata terdapat roti yang memiliki tekstur keras, roti tanpa gluten, roti kabohidrat rendah, maupun berbagai macam tepung. Liputan6.com telah merangkum enam jenis roti di dunia yang wajib Anda ketahui.

 

Baca juga:

 

1. Sourdough

Seperti namanya, roti sourdough memiliki ciri khas rasa asam yang ringan. Dibandingkan dengan ragam roti lainnya, sourdough lebih padat. Tepung dan airnya difermentasi sebelum rotinya dibuat. Untuk membuat ragi roti, jenis asam yang dimasukan ke dalam adonan ialah ragi atau baking soda.

2. Bagel

Bentuk roti ini bundar seperti cincin yang menyerupai donat. Bagel ini direbus sebelum dipanggang. Tekturnya renyah di luar dan lembut di dalam. Sejarahnya, roti ini sudah ada sejak ratusan tahun di Eropa Timur. Bagel menjadi salah satu roti yang sangat terkenal. Biasanya bagel dimakan dengan selai, krim keju, atau dijadikan sandwich.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Croissant

Croissant terkenal dengan bentuknya yang menyerupai bulan sabit seperti namanya dalam Bahasa Prancis. Roti ini termasuk dalam pastry atau kue. Adonannya dibuat dari puff pastry sehingga ringan, kering, dan buttery.

Faktanya, membuat pastry ini membutuhkan waktu yang lama dan juga skill dalam membuat kue. Rasa croissant biasanya manis maupun gurih sesuai kebutuhan pembuatnya. Rasanya akan sangat enak dan crunchy bila baru saja dikeluarkan dari oven.

 

Baca juga:

 

3 dari 5 halaman

4. Ciabatta

Roti yang satu ini berasal dari Italia. Ciabatta dalam Bahasa Italia berarti sandal. Orang Italia menyebutnya roti sandal karena bentuknya yang pendek, lebar, dan memanjang seperti sandal.

Roti ini cocok dijadikan roti untuk sandwich karena bentuknya yang lebar. Bisa juga dijadikan crouton atau roti yang dipotong dadu untuk campuran salad bila dioven sampai kering.

 

Baca juga:

  • Susu Kental Manis Frisian Flag Gold Lezatkan Sarapan Harian
  • Fakta Susu Kental Manis yang Sering Jadi Menu Sarapan Sehat
  • 5 Kreasi Susu Kental Manis Frisian Flag untuk Sarapan Pagi

 

4 dari 5 halaman

5. Baguette

Roti ini berasal dari Perancis terutama di Paris. Terkenal dengan bentuknya yang lonjong seperti stik dan panjang. Biasanya roti ini dijadikan sandwich atau roti yang dimakasn saat piknik.

Bagian luar baguette keras, namun bagian dalamnya agak kenyal. Baguette biasanya dipotong agar mudah dimakan. Biasanya roti ini bisa dibuat sandwich atau dimakan dengan sup.

5 dari 5 halaman

6. Brioche

Roti ini berasal dari Perancis. Biasanya dimakan untuk sarapan atau sebagai camilan. Warnanya gelap dan keemasan terlihat sangat lezat. Brioche teksturnya halus dan ringan membuatnya menjadi favorit penyuka roti. (Fairuz Fildzah)

 

Baca juga:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.