Sukses

Kenalan dengan Ratu Suthida, Pengawal Pribadi yang Dipersunting Raja Thailand

Dari pramugari, sampai sekarang jadi Ratu Thailand, mari berkenalan dengan perempuan yang baru saja dipersunting Raja Thailand.

Liputan6.com, Jakarta - Adalah Suthida Tidjai, perempuan yang baru saja dipinang Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn, pada Rabu, 1 Mei 2019. Bukan figur asing sebenarnya lantaran Ratu Suthida cukup lama menjadi pengawal pribadi sang raja dan sering menghadiri acara publik bersama.

Dilansir dari Associated Press, Jumat (3/5/2019), perempuan yang lahir pada 3 Juni 1978 ini dulunya merupakan pramugari Thai Airways. Disebutkan bahwa Raja Thailand pertama kali bertemu Ratu Suthida di sebuah penerbangan.

Berdasarkan surat kabar lokal seperti dilansir dari Channel News Asia, Jumat (3/5/2019), Ratu Suthida merupakan lulusan universitas private di Bangkok, Assumption University, dengan gelar Sarjana Komunikasi pada 2000.

Selama jadi pengawal pribadi, perempuan 40 tahun ini telah menerima setidaknya 20 penghargaan kerajaan. Pertama kali terjadi pada 2012 saat Raja Bhumibol Adulyadej menobatkan Order of the White Elephant untuk kejujuran, loyal, tanggung jawab, dedikasi, dan pengorbanan yang dilakukan Suthida.

Pada 2013, Ratu Suthida resmi menjadi jajaran tim khusus pengawal pangeran, sebelum ditetapkan sebagai deputy commander setahun setelahnya. Pengamat kerajaan dan beberapa media sudah pernah berspekulasi tentang hubungan asmara yang terjalin antara Ratu Suthida dan Raja Thailand.

Suthida resmi berada di jajaran Royal Thai Army pada 2016 setelah Maha Vajiralongkorn, ditetapkan sebagai Raja Thailand mengikuti situasi sang ayah meninggal dunia. Pada 2017, Suthida diberikan gelar kerajaan Thanpuying, yang berarti putri. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menikah Sebelum Penobatan Resmi

Walau Ratu Suthida setidaknya tiga tahun terus terlihat di depan publik sebagai pengawal pribadi lelaki yang sekarang jadi Raja Thailand, terdapat kabar mengejutkan mengiringi pernikahan mereka.

Pernikahan keduanya berlangsung tiga hari sebelum sang raja secara resmi menerima mahkota pada Sabtu, 4 Mei 2019. Pernikahan yang telah berlangsung membuat Ratu Suthida diduga kuat bakal banyak terlibat dalam ceremony tersebut.

Salah satunya adalah penentuan gelar kerjaan berdasarkan tradisi menyambut anggota keluarga baru. Pernikahan ini merupakan kali keempat bagi Raja Thailand, di mana ia sudah memiliki tujuh anak dari pernikahan sebelumya.

Raja berusa 66 tahun ini diketahui menghabiskan banyak waktu di Jerman. Baru setelah ayahnya meninggal, lelaki yang juga dikenal dengan gelar King Rama X ini memangku jabatan sebagai Raja Thailand pada Oktober 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.