Sukses

Mulai dari Subuh, Aksi Bebersih Bandung Diikuti Ribuan Orang

Bebersih Bandung, gerakan yang mengajak warga mewujudkan Kota Kembang bebas sampah. Kegiatan ini diikuti oleh ribuan orang.

Liputan6.com, Jakarta - Ada beragam cara untuk mewujudkan kota yang apik, bersih, dan nyaman. Satu di antaranya dilakukan Pemerintah Kota Bandung lewat sebuah gerakan bertajuk "Bebersih Bandung".

Wali Kota Bandung, Oded Muhammad Danial, menyebarluaskan aksi positif ini melalui akun Instagram pribadi. Mang Oded, begitu ia akrab disapa, mengunggah dua potret berisi keterangan terkait gerakan bersih-bersih tersebut.

Bebersih Bandung sendiri dilaksanakan serentak di Kota Bandung pada Jumat (3/5/2019) mulai pukul 04.30-11.30 WIB. Sebelum memulai, kegiatan diawali dengan salat subuh berjamaah di Masjid Raya Bandung, Jawa Barat.

Berdasarkan keterangan Mang Oded di akun Instagram, terdapat ribuan orang yang ambil bagian dalam gerakan ini. "Bebersih Bandung. Alhamdulillaah, 5.450 orang yang mendaftar buat ikut Bebersih Bandung besok (Jumat). Mang Oded ngedengernya senang pisan," tulisnya Kamis, 2 Mei 2019.

Selain yang mendaftar, Bebersih Bandung juga melibatkan banyak peserta lain dari seluruh elemen masyarakat Kota Bandung, dari OPD, komunitas, ormas, perkantoran, akademisi, hingga media.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lokasi dan Kegiatan Bebersih Bandung

Salah satu kegiatan yang dilakukan dalam gerakan Bebersih Bandung adalah GPPS atau Gerakan Pungut Pilah Sampah, baik untuk sampah organik, plastik, kaleng, hingga puntung rokok.

Dilanjutkan dengan Sapu, Sikat, dan Cuci untuk membersihkan trotoar, jalan raya, serta fasilitas umum. Ada pula Sembur di trotoar, jalan raya, dan fasilitas umum, serta Finishing atau memperindah dan mempercantik mulai dari sign system hingga fasilitas umum.

Sementara, Bebersih Bandung berlangsung dari kawasan Asia Afrika (Prama Preanger-Jl. Banceuy), kawasan Braga (Braga panjang dan pendek), lalu kawasan Cikapundung (Masjid Al Imtizaj - Jl. Soekarno), serta Alun-alun (Jl. Dewi Sartika, Jl. Dalem Kaum, Jl. Palestine)

Di sisi lain, lewat gerakan Bebersih Bandung, Mang Oded kian optimis bahwa Ibu Kota Provinsi Jawa Barat ini dapat jadi kota yang nyaman dan bebas dari sampah.

"Karena Bandung ini milik kita, bukan milik Pemerintah Kota, apalagi Wali Kota, tapi milik kita. Karena Nyaah atau Cinta ka Bandung itu butuh pembuktian, bukan cuma omongan." tulisnya.

"Apalagi, sebentar lagi Ramadan. Pas pisan ini mah aslinya. Bersih diri, bersih lingkungan, bersih hati Insya Allah karena bebersih hakikatnya sebentuk iman. Annadhoofatu minal iimaan," lanjut Mang Oded.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.