6 Beasiswa Incaran Mahasiswa S1 yang Wajib Anda Coba

Oleh Putu Elmira pada 03 Mei 2019, 04:03 WIB
4 Cara Jitu Raih Beasiswa di Universitas Ternama

Liputan6.com, Jakarta - Mahasiswa banyak mencari beasiswa untuk membantu studi selama perkuliahan. Tak jarang, alasan finansial mendorong mahasiswa maupun calon mahasiswa mencari beasiswa. Bukan hanya biaya kuliah, dana bantuan setiap bulan yang diberikan menjadi daya tarik beasiswa.

Kenyataannya, beasiswa tidak lah mudah didapatkan. Banyak persyaratan dan jumlah pesaing yang harus disisihkan.

Bila beasiswa sudah di tangan, bukan hanya membantu keuangan di perantauan, namun banyak pembinaan serta pelatihan yang bisa didapatkan. Liputan6.com merangkum enam beasiswa yang banyak dicari mahasiswa strata sarjana di Indonesia.

1. Bidik Misi

Beasiswa ini dimiliki oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti). Beasiswa ini membebaskan mahasiswa dari biaya kuliah dari semester awal hingga semester delapan. Penerima hanya dikhususkan bagi golongan yang kurang mampu. Setiap siswa yang lulus SMA/SMK dapat mendaftar beasiswa bidik misi.

Biaya hidup yang diberikan sebesar Rp 700 ribu per bulan. Bahkan dari kampus. Beasiswa ini bisa didapatkan bagi mahasiswa yang masuk perguruan tinggi negeri dari jalur SNMPTN, SBMPTN, serta mandiri. Anda bisa melihat persyasratan lengkapnya di https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.

2. Beasiswa Kader Surau

Beasiswa ini memberikan bantuan biaya kuliah, biaya hidup, asrama, dan pelatihan. Pendaftar haruslah dari orang yang memiliki keterbatasan secara finansial. Penerima beasiswa akan dibiayai uang kuliah, bantuan biaya hidup per bulan, pelatihan, serta asrama. Anda bisa lihat persyaratan lainnya di http://www.ybmbri.org/beasiswa-kader-surau/.

3. Karya Salemba Empat (KSE)

Beasiswa ini memiliki beberapa program beasiswa untuk S1 dari semester 2. Beasiswa yang dimiliki KSE ialah beasiswa reguler, beasiswa unggul, beasiswa kewirausahaan sosial, dan beasiswa teknologi untuk Indonesia.

Terdapat 30 universitas yang bekerjasama dengan beasiswa ini. Setiap penerima akan mendapatkan bantuan dana sebesar Rp 600 ribu per bulan, pembinaan tatap muka, leadership program, seminar, workshop, dan coaching. Anda bisa mengakses website KSE di http://www.kse.or.id.

 

2 of 3

4. Bakti Nusa

4 Cara Jitu Raih Beasiswa di Universitas Ternama
Ilustrasi keras belajar.

Beasiswa ini dikhususkan untuk mereka yang berprestasi di kampus serta memiliki jiwa sosial dan kepemimpinan yang tinggi. Penerima beasiswa ini khusus untuk mahasiswa semseter 7.

Setiap bulan penerima beasiswa akan mendapatkan bantuan dana sebesar Rp 800 ribu per bulan selama setahun, mentoring dengan tokoh nasional, terlibat dalam kegiatan kemanusiaan, serta mendapatkan pelatihan bahasa Inggris. Bila ingin mengetahui informasi lainnya, bisa mengakses di http://www.baktinusa.id.

5. PPA

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) ini diberikan pula oleh Menristekdikti untuk mahasiswa tingkat diploma maupun sarjana. Setiap penerima beasiswa akan mendapat bantuan dana sebesar Rp 350 ribu selama satu periode tahun ajaran. Beasiswa ini membuka kesempatan untuk semua mahasiswa. Anda bisa menanyakan persyaratan seleksi beasiswa PPA pada bagian kemahasiswaan kampus masing-masing.

6. Etos

Penerima beasiswa ini akan dibebaskan dari biaya kuliah selama delapan semester. Tiap bulan mahasiswa juga akan menerima uang saku sebesar Rp 600 ribu. Ditambah lagi, mahasiswa bisa tinggal di asrama selama dua tahun. Setiap mahasiswa penerima beasiswa Etos akan diberikan pembinaan selama empat tahun. Bila ingin informasi lebih lanjut, bisa akses di https://www.beastudiindonesia.net/beastudi-etos/(Fairuz Fildzah)

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini :

Lanjutkan Membaca ↓