Lima Perempuan Hebat Ini Ungkap Kunci Kebahagiaan Dalam Karir dan Keluarga

Oleh Gilar Ramdhani pada 02 Mei 2019, 15:05 WIB
Lima Perempuan Hebat Ini Ungkap Kunci Kebahagiaan Dalam Karir dan Keluarga

Liputan6.com, Jakarta Menemukan kebahagiaan dalam pekerjaan dan karir adalah hal yang mudah, bukan? Anda cukup mencari pekerjaan yang sesuai dengan passion, gaji tinggi, lingkungan yang kondusif, dan rekan-rekan kerja yang menyenangkan serta dukungan dari orang sekitar. Namun faktanya, mendapatkan pekerjaan dan meniti karir yang sesuai dengan passion tidak semudah bermimpi dan berkhayal.

Tak hanya kemauan dan kerja keras, pengorbanan juga dibutuhkan apalagi Anda yang sudah berkeluarga. Apapun tantangannya, tentu kita tidak boleh mudah menyerah dan harus mampu menjadi diri sendiri untuk bisa sukses. Seperti halnya lima sosok perempuan hebat Indonesia ini, Susanne Kleinsteuber, Monika Rudijono, Nadia Harto, Grania Ayuda dan Aulia Rahmi.

Tahu apa yang menjadi keinginan

Di Lazada Indonesia, Susanne Kleinsteuber bertugas mengembangkan talent perusahaan. Bergabung di Lazada Indonesia setelah berhenti sejenak selama dua tahun dari dunia karier untuk membesarkan buah hati.

“Terlibat dalam pengembangan talent perusahaan, saya harus jeli melihat potensi yang dimiliki individu untuk dapat dikembangkan secara tepat dan disinergikan dalam semua hal sesuai strategi perusahaan,” jelasnya.

Bekerja di industri digital dituntut untuk fleksibel dan sarat akan perubahan yang begitu cepat. Hal-hal baru ia temui disini. 

 

Lazada Indonesia.
Susanne Kleinsteuber, People Team Lazada Indonesia.

“Banyak hal yang sangat menarik dan menantang disini. Seperti bekerja dengan banyak anak muda yang cerdas, belajar menyeimbangkan budaya dan latar belakang yang berbeda. Tampak sulit, tapi menyenangkan!,” kenang Susanne.

Sosok dirinya begitu kuat, Susanne contoh perempuan yang tau benar apa yang ingin ia lakukan. “Apapun yang saya lakukan, harus melakukannya dengan alasan yang benar dan kehendak sendiri. Dan harus memiliki koherensi.” Keputusan yang ia buat karena ia memilih untuk membuatnya.

“Saya berterima kasih kepada Tuhan untuk hidup yang luar biasa. Saya bisa melihat ke cermin dan mengatakan semua yang telah dilakukan adalah kemauan sendiri,” tegasnya.

Tahu Tujuan dan prioritas

Kariernya selama 20 tahun di bidang periklanan menjadi jalan yang panjang seorang Monika Rudijono untuk akhirnya berlabuh di Lazada Indonesia. Industri digital dipilihnya sebagai karier selanjutnya agar dirinya tetap relevan dengan zaman.

“Saya ingin membuat diri saya tetap relevan dengan zaman dan lebih memperluas cakrawala. Itu yang membuat saya tertarik pada teknologi dan berlabuh di Lazada,” ungkap Monika.

 

 

 

Lazada Indonesia.
Monika Rudijono, CMO Lazada Indonesia.

Bukan hal yang mudah bagi seorang perempuan untuk mempertimbangkan berkarier. Menurutnya, tantangan harus dihadapi perempuan, terlebih saat ia telah berkeluarga dan memiliki 4 anak perempuan.

“Perempuan memiliki banyak tantangan, ketika menikah dan memiliki seorang anak, bahkan saat tidak keduanya. Tantangan besar!,” ungkapnya. Namun hal itu yang dapat mendewasakan sosok perempuan untuk menjadi pribadi yang kuat.

Tak ada yang salah dengan karier perempuan. Ini soal prioritas dan tanggung jawab. Bagi Monika, mencari tujuan dari sebuah kemauan dapat membantu mengetahui prioritasmu.

“Cari tau tujuan kamu! Dengan mengetahuinya, kamu akan tahu prioritasmu dan apa yang unik untuk dilakukan. Hal itu dapat menjadi opsi untuk memutuskan arah yang tepat untukmu,” jelas Monika. 

Sebagai perempuan, Monika tau apa yang ia mau. “If it's to be, it's up to me. Banyak orang punya alasan mengapa tidak dapat melakukannya.” Memberikan yang terbaik itu kuncinya.

“Jadi, selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik. Jika kamu melakukannya, kamu tidak akan pernah berakhir dengan biasa-biasa saja,” katanya.

Mencintai Pekerjaan

Lazada Indonesia.
Nadia Harto, Head of Legal Lazada Indonesia.

Berkecimpung lama di dunia hukum memberikan pengalaman yang begitu luas bagi Nadia Harto. Keputusannya bergabung di industri digital memberikan peluang ia lebih mengaplikasikan ilmu hukum yang ia miliki. “Saat di Lazada, saya dapat melihat dampak yang nyata bagaimana fungsi hukum dapat benar-benar berkontribusi pada skema bisnis yang lebih luas,” ceritanya.

Baginya, Lazada memberikan kesempatan mengubah perekonomian negara lewat teknologi. “Anda dapat melihat bagaimana platform Lazada dapat mengubah ekonomi Indonesia melalui wirausaha yang tercipta. Saya benar-benar melihat bagaimana bisnis mendorong UKM di Indonesia,” ujarnya. Menurutnya, bekerja di industri digital memberikan energi yang positif.

“Saya suka energi yang ada dunia e-commerce ini. Pace yang begitu cepat, inovasi, dan kreatifitasnya. Itu menjadi hal yang baru, membuat saya jatuh cinta saat melakukannya,” cerita Nadia.

Perempuan dalam pusaran bisnis, dipandang Nadia sebagai sosok yang memberikan prespektif baru. Terlebih sebagai pemimpin, ia menganggapnya dapat menjadi inspirasi bahwa mereka juga dapat menyeimbangkan life & career di waktu bersamaan.

“Bukan dominasi! Di industri digital, perempuan muncul sebagai salah satu pemain kunci. Perempuan membawa perspektif lain di bisnis ini. Hal itu menjadi nilai tambah,” ungkapnya.

Grania Ayuda
Grania Ayuda, Instruktur TRX & Yoga.

Tentukan skala prioritas dan pilih karier yang fleksibel

Keinginan, Grania Ayuda memiliki keleluasaan waktu untuk merawat buah hatinya menjadi alasan Grania untuk berhenti dari dunia korporasi di bidang komunikasi yang sudah 14 tahun lamanya di jalani.

Fleksibilitas menjadi faktor yang ia pilih demi dapat memilik quality time bersama sang anak.

“Saya ingin punya keleluasaan waktu untuk merawat dan melihat anak saya tumbuh dan berkembang. Oleh karena itu, saya memilih bekerja dengan waktu yang fleksibel sehingga tetap fokus ke anak,” ungkap Grania.

Berhenti dari pekerjaan, Grania memutuskan untuk meneruskan hobi olahraganya hingga menjadi instruktur TRX & Yoga.

I get to do what I love and passionate about. TRX dan Yoga berawal dari suka dan hobi, lalu ternyata dapat ditekuni dan menghasilkan uang, dan fleksibel sesuai keinginan saya,” ceritanya.

Skala prioritas yang ia pilih merupakan keputusannya dalam perannya sebagai perempuan. Ia sadar bahwa kesempatan kariernya dapat diimbangi dengan tugasnya sebagai ibu dan itu yang menjadikannya bahagia.

Being happy is a lifetime work. Kita harus bisa membuat diri kita sendiri bahagia dan tidak bergantung kepada orang lain,” ujarnya.  

Grania mencari tau kesukaannya dan melakukannya secara maksimal. Hobinya pada TRX & Yoga juga relevan dengan kesehatan jasmani dan rohani yang ingin diwujudkan.

“Saya harus bahagia, dengan apapun yang saya lakukan, supaya keluarga saya ikut bahagia,” ungkapnya.  Percaya dengan kemampuan yang dimiliki. “Terus katakan kepada diri sendiri, bahwa Anda bisa!”

 

Aulia Rahmi
Aulia Rahmi, Social Media Spesialist.

Konsisten dengan passion dan seimbangkan kehidupan dengan pekerjaan

Jika Grania lebih mengutamakan skala prioritas dan berani maju dengan karier yang fleksibel, sebaliknya Aulia Rahmi mengajak para perempuan untuk konsisten dengan passion-nya.

Mengawali kariernya sebagai social media staff di perusahaan FCMG, Aulia Rahmi konsisten dengan passion-nya dalam dunia kreatif. Tak asing dengan dunia digital, ia mendapatkan banyak pengalaman lewat apa yang telah digeluti.

“Bekerja di dunia digital sebagai social media specialist, rasanya hidup banyak kejutan karena setiap hari harus ada ide baru,” ujar Aulia.

Baginya, kreatifitas yang menjadi benang merah dalam kariernya memberikan kesempatan dirinya harus tau segalanya.

“Kreatifitas membuat saya banyak mencari tahu berbagai hal. Seru!, seperti sedang memecahkan teka-teki. Banyak tantangan dan penuh kejutan,” ungkapnya.

Namun ia tetap berusaha menyeimbangkan kehidupan dengan pekerjaan. “Life is not just for work. Hidup seimbang punya manfaat jangka panjang yang lebih baik.”

Ia percaya, “anak yang cerdas lahir dari ibu yang mau berusaha mencerdaskan diri. Perempuan berdaya, senantiasa berusaha untuk berkarya,” bangganya.

Aulia menjalankan segalanya dengan bersyukur karena itu adalah kunci kebahagiaannya. “If you are grateful, I will give you more.” Bersyukur adalah kunci bahagia, sulit dilakukan mudah diucapkan,” ungkap Aulia.

Itulah sekelumit cerita inspiratif dari Susanne Kleinsteuber, Monika Rudijono, Nadia Harto, Grania Ayuda dan Aulia Rahmi. yang dapat Anda petik hikmahnya sebagai sesama perempuan yang meniti karir sekaligus menemukan kebahagiaan dalam karir dan keluarga. Dalam rangka merayakan para perempuan hebat di tanah air, Lazada Indonesia sebagai salah satu perusahaan berbasis teknologi dan pemimpin e-commerce di Asia Tenggara menghadirkan program khusus untuk perempuan hebat di Indonesia lewat Lazada Women’s Festival.

Mulai tanggal 2 Mei hingga 4 Mei 2019, Lazada Women’s Festival menyediakan rangkaian promo produk fesyen dan kecantikan untuk perempuan-perempuan hebat Indonesia mulai dari pelanggan Lazada baru maupun pelanggan setia Lazada. Diskon dan promo yang dihadirkan tak tanggung-tanggung lho ladies, skin care diskon up to 75%, gamis dan kaftan juga diskon up to 75%, dan masih banyak lagi.

Selengkapnya segera kunjungi Lazada Women’s Festival di sini.

 

(Adv)