Sukses

Hari Pendidikan Nasional, Atlet Taekwondo Cilik Tunaikan Triathlon demi Bantu Penderita Kanker

Atlet taekwondo cilik asal Bogor, Hanhan menunaikan nazarnya untuk melakukan triathlon di Hari Pendidikan Nasional untuk membantu penderita kanker. Salah satunya menggowes sepedanya dengan jarak 30 km.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah melalui proses latihan yang cukup panjang, atlet Taekwondo cilik asal Bogor, Wajendra Hanif Athoillah Luthfi akhirnya melakukan tantangan triathlon bertepatan di Hari Pendidikan Nasional yang jatuh hari ini, Kamis, (2/5/2019).

Hanhan, begitu ia akrab disapa, melaksanakan triathlon untuk sebuah misi mulia. Ia memberi mendukung sekaligus membantu Farih, seorang anak yang tengah berjuang melawan penyakit kanker mata serta untuk para penderita kanker lainnya.

Siswa yang kini duduk di bangku kelas 5 SD Sekolah Alam Bogor ini memulai triathlon pukul 08.00 WIB dengan berenang 200 meter. Berdasarkan informasi yang dibagikan lewat akun Instagram pribadinya, aksi bersepeda dilakukan di Kolam Renang Bhadrika Yon 14 Grup 1 Kopassus.

Setelah itu, tantangan dilanjutkan bersepeda dengan jarak tempuh 30 kilometer. Jalur aksi tersebut dimulai di Jln. Bogor/Parung (kopassus), Jln. Sholeh Iskandar (lampu merah dekat boogie), Jln. KS Tubun (lampu merah jambu dua), Jln. Pajajaran (tugu kujang), Jln. Otto Iskandar Dinata, Jln. Ir H Juanda (Regina Pacis), Jln. Jendral Sudirman (air mancur)

Tantangan ditutup dengan berlari sejauh 7,6 kilometer dengan rute Jln. Jendral Sudirman (Air Mancur), Jln. Otto Iskandar Dinata (Lap Sempur), Taman Kencana, Jln. Pajajaran (Lampu Merah), Jln. Ahmad Adnawijaya (Lampu Merah), Jln. Pandu Raya (Per Nusa Indah), dan SD Sekolah Alam Bogor.

Sang atlet Taekwondo cilik ini juga ditemani oleh teman-temannya di SD Sekolah Alam Bogor pada etape akhir dari tantangan triathlon di Hari Pendidikan Nasional 2019.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Memohon Dukungan

Satu hari sebelum melakukan triathlon, Hanhan bersama sang ayah, Luthfi Kurnia sempat mengunjungi keluarga Farih, penderita kanker mata. Kedatangan sang atlet cilik tidak lain untuk meminta doa dan dukungan untuk kelancaran aksi.

"Saya minta dukungannya agar perjalanan challenge triathlon saya lancar, tidak ada kejadian tidak diinginkan dan doakan saya bisa," kata Hanhan kepada ayah Farih.

"Terima kasih anak sudah mau melakukan challenge ini untuk perjuangan melawan kanker. Semoga Hanhan mendapatkan pahala dan balasan setimpal dari Allah dan semoga berjalan lancar," tutur ayah Farih.

Sementara, Farih telah memulai pengobatan pertama untuk kanker mata yang dideritanya. Kemoterapi yang dijalankan membuat rambut Farih rontok. Kendati demikian, persiapan untuk kemoterapi kedua telah dilakukan.

"Teman-teman dukung saya dan adik Farih agar adik bisa melewatkan ujian dari Allah dan bisa sembuh dari penyakit kanker mata dan dengan cara pengobatan kemoterapinya," kata Hanhan lagi.

3 dari 3 halaman

Buka Donasi di Kitabisa

Selain triathlon, Hanhan juga membuka donasi untuk membantu pengobatan Farih dan para penderita kanker lainnya melalui fundraising platform, Kitabisa. Penggalangan dana tersebut bertajuk "Dukung Hanhan Triathlon Untuk Anak Pengidap Kanker".

Donasi dimulai 15 April 2019 lalu dengan total yang ditentukan yakni Rp 50 juta. Bakal dibuka hingga 18 hari ke depan, saat ini, Kamis (2/5/2019) telah terkumpul dana lebih dari Rp 12,1 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.