Sukses

Menu Buka Puasa Unik, dari Roti Rendang hingga Mousse Es Pisang Ijo

Menu buka puasa khas Indonesia yang manis dan gurih ini sangat unik dengan sentuhan internasional.

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki Ramadanhal yang paling ditunggu ialah berburu takjil. Berbagai makanan khas Indonesia banyak dijajakkan di pinggir jalan. Mulai dari gorengan, es kelapa, kue, dan makanan ringan lainnya.

Namun, apa jadinya bila buka puasa dengan takjil dengan sentuhan internasional? Lewat Culinary Journey, Hotel Raffles Jakarta menyediakan menu berbuka unik yaitu menu internasional dengan sentuhan citarasa lokal. 

 

Baca juga:

 

"Indonesia punya makanan khas yang banyak dan menarik. Itu yang menjadi alasa kami membuat ini. Kuliner merupakan salah satu hal yang menunjang untuk pelanggan setia kami," ujar Garth Simmons, Chief Operating Officer Accor Indonesia, Selasa, 30 April 2019, di Hotel Raffles Jakarta.

Menu andalannya ialah es pisang ijo. Tak biasa, Anda akan kaget dengan tampilannya yang seperti mousse ala Perancis ini. Mousse warna hijau menyelimuti pisang.

Di atasnya terdapat cokelat yang dibentuk seperti batang pohon yang menambah estetika. Di sampingnya terdapat bubur sumsum serta sirup sarang sari. Sementara itu, di bawahnya terdapat taburan kacang almond dicampur dengan tepung dan gula.

"Bentuknya itu tetap dapat rasa pisang, tapi kita bikin fussion-nya ala Prancis. Si pisang kita blender, pandannya dibikin mousse. Kelapanya melted. Bubur sumsum dengan tekstur lembut. Ini favorit sekali," ujar Nana Supriatna, Chef Pastry Hotel Raffles Jakarta.

 

Baca juga:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Roti Rendang

Selain itu, ada roti rendang, citarasa dari Sumatera Barat. Daging rendang yang gurih dan lembut dibalut dengan roti. Di bawahnya terdapat bumbu rendang yang bisa Anda colek untuk dimakan. Rasa rempah yang tidak terlalu kuat membuat roti rendang ini bisa dinikmati masyarakat lokal maupun wisatawan mancanegara.

"Rendang kita blend halus dan dibentuk bola. Lalu, kita masukan dalam bun. Sausnya kita siram," kata Elbarian Wisnu, Chef The Party Hotel Raffles Jakarta.

Tak hanya itu, ada pula es krim unik dengan cita rasa es Indonesia seperti klepon, tape, sekuteng, kopyor, sirsak, durian, manggis, serta buah naga. Hidangan ini sangat cocok untuk dijadikan makanan penutup saat berbuka puasa.

Selama bulan Ramadan, terdapat tujuh makanan khas daerah, yaitu Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Bali, dan Lombok yang akan disediakan di hotel ini. Setiap makanan daerah ini akan memadukan  makanan internasional dengan citarasa lokal.(Fairuz Fildzah)

 

 

Baca juga:

  • Susu Kental Manis Frisian Flag Gold Lezatkan Sarapan Harian
  • Fakta Susu Kental Manis yang Sering Jadi Menu Sarapan Sehat
  • 5 Kreasi Susu Kental Manis Frisian Flag untuk Sarapan Pagi
  • Fakta Menarik Kental Manis, Pelengkap Jajanan Nusantara
  • Kalori Kental Manis untuk Pelengkap Es yang Segar
  • Sejarah Susu Kental Manis, dari Penemuan hingga Asupan Bernutrisi
  • Fakta Unik Susu Kental Manis, Bikin Sarapan Pagi Makin Sedap
  • Mengenal Susu Kental Manis yang Sering Dikonsumsi Sehari-hari
  • Fun Fact Susu Kental Manis, Sekarang Jadi Menu Sarapan Favorit 
  • Manfaat Ngemil Bagi Tubuh, Kental Manis Bikin Makin Nikmat 
  • Kenali Kalori Kental Manis dan Manfaatkan Kandungan Baiknya
  • Ditambah Susu Kental Manis, Level Up 3 Sarapan Viral Ini 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.