Sukses

Ramadhan Jazz Festival 2019 Siap Digelar, Nonton Konser Bayar Suka-Suka

Ramadhan Jazz Festival ke-9 siap menyambut Anda di bulan suci tahun ini. Siapa saja penyanyi yang akan datang?

Liputan6.com, Jakarta - Ramadhan Jazz Festival 2019 akan kembali menyapa masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Acara tahunan yang diadakan Remaja Islam Cut Meutia (RICMA) ini akan menggandeng deretan musisi tanah air. Berbeda dari 2018, tahun ini akan ada surprise dengan mendatangkan artis internasional. 

Mengusung tema "Love Unites All", acara ini akan dilaksanakan tanggal 17-18 Mei 2019 di depan pelataran Masjid Cut Meutia, Menteng, Jakarta Pusat. Penyanyi ibu kota yang sudah dikonfirmasi ialah Maliq & D'Essentials, Glenn Fredly, Andre Hehannusa, dan masih banyak lagi.

"Kita percaya cinta itu bisa menyatukan semuanya. Akhir-akhir ini kita melihat toleransi itu langka. Dengan adanya Ramadhan Jazz Festival, kita ingin cinta itu membangun relasi semuanya," ujar Fahmi Dirgantara Ishadi selaku project officer Ramadhan Jazz Festival 2019 di Aula Masjid Cut Meutia, Jakarta Pusat, Jumat, 26 April 2019.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Ramadhan Jazz Festival yang sudah diadakan ke-9 kalinya ini akan mengundang influencer, figur publik, tokoh politik, serta duta besar dari negara sahabat. Acara ini sebenarnya merupakan social activity. "Tahun ini kita akan kumpulkan donasi untuk Yayasan Difable Action Indonesia," kata Fahmi.

Selain mengandeng orang ternama, banyak hal menarik yang akan ditampilkan di Ramadhan Jazz Festival 2019. Fahmi mengatakan, akan ada Sujiwo Tejo membawakan lakon wayang. 

"Kita kerjasama dengan artis minimal membawakan satu lagu religi atau lagu yang mengajak persatuan Indonesia. Itu kan sangat jarang ditemui. Biasanya kalau diacara komersil, lagu yang dinyanyikan sedang hype saja. Kalau di sini akan menyanyikan lagu religi," ungkap Fahmi soal rencana pelaksanaan Ramadhan Jazz Festival 2019. 

Saksikan video pilihan di bawah ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Ada Biaya Masuk

Yang unik, Ramadhan Jazz Festival tidak memiliki biaya masuk seperti konser biasanya. Pengunjung membayar dengan sedekah seikhlasnya alias suka-suka. Tahun ini RICMA menargetkan dua kali lebih banyak dibanding tahun sebelumnya.

Bila tahun 2018 sedekah atau donasi yang terkumpul mencapai Rp 250 juta, tahun ini ditargetnya menyentuh angka Rp500 juta. "Agenda besar dari acara ini adalah untuk melakukan dakwah atau syiar agama Allah dengan syiar yang lebih mudah diterima, terutama oleh anak-anak muda," ujar Fahmi.

Pengunjung yang masuk dan memberikan donasi sebesar Rp 150 ribu ke atas akan mendapatkan day pass untuk menonton konser selama dua hari. Fahmi mengimbau pada pengunjung yang datang untuk berpakaian rapi dan sopan.

Bahkan, ia menganjurkan mengenakan pakaian panjang. Acara di bulan Ramadan dan lokasi di samping masjid jadi pertimbangan usulan tersebut disuarakan.

"Kita pernah kedatangan pengunjung laki-laki yang memakai celana pendek yang terdapat sobekan. Nah, itu kita sarungin. Kita sediakan. Beberapa wanita yang memakai pakaian terlalu terbuka hanya bisa masuk ke tenant. Untuk nonton artisnya, nggak sama sekali," tutup Fahmi.

Bila ingin mengetahui informasi terbaru mengenai penyanyi yang akan diundang dan informasi lainnya, Anda bisa membuka akun Instagram @ramadhanjazz. (Fairuz Fildzah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.