Sukses

Warganet Heboh dengan Temuan Kamera di Belakang Kursi Penumpang Pesawat Terbang

Viral di media sosial, sebenarnya mengapa ada kamera 'tersembunyi' di belakang kursi penumpang pesawat terbang?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang memperlihatkan kamera di layar sistem hiburan di belakang kursi penumpang pesawat dalam penerbangan Singapore Airlines jadi sensasi dunia maya, beberapa waktu lalu. Keberadaan di tempat dinilai tak biasa membuat banyak orang bertanya fungsi kamera yang dimaksud.

Dari banyak tanggapan penghuni dunia maya, sebagian besar dari mereka curiga dan berpendapat bahwa keberadaan kamera tersebut melanggar privasi yang harusnya diberikan maskapai pada penumpang mereka.

Dilansir dari Buzzfeed, Minggu (28/4/2019), kamera juga dikatakan terdapat di penerbangan-penerbangan dari maskapai lain, yakni American Airlines, United Airlines, dan Delta, di belakang kursi penumpang pesawat.

Dalam sebuah keterangan resmi dari pihak United Airlines, mereka menyebutkan telah menutupi semua kamera di sistem hiburan yang terdapat di bagian belakang setiap kursi penumpang kelas premium.

"Seperti banyak maskapai, beberapa dari kursi premium kami dilengkapi sistem hiburan yang datang bersama kamera yang sudah diinstal dari produsen," begitu kalimat keterangan yang diberikan pihak maskapai United Airlines.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kamera Disebut Tak Pernah Aktif

Masih dalam keterangan yang sama, pihak United Airlines menjelaskan, kamera di layar in-flight entertainment di belakang setiap kursi penumpang ini tak pernah diaktifkan. "Kami juga tak pernah berniat memakai kemera tersebut," tutur pihak United Airlines.

Sebagai langkah pencegahan dan menghindari kecurigaan penumpang, maskapai ini memutuskan untuk menutup kamera tersebut. Mereka menambahkan, kemungkinan fungsi dari kamera yang menghebohkan tersebut.

Kamera di sana dikatakan merupakan fitur standar produsen dengan tujuan kemungkinan akan digunakan sebagai alat komunikasi di masa depan. Sementara keterangan resmi sudah dikeluarkan United Airlines, Delta dan American Airlines belum mau memberikan komentar soal ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.