Sukses

Cara Jitu Meminta Maaf pada Pasangan Usai Berbuat Salah

Bagaimana cara yang paling tepat untuk meminta maaf kepada pasangan setelah berselisih paham? Simak tips berikut.

Liputan6.com, Jakarta - Jalinan kasih tidak selamanya berjalan mulus karena akan selalu ada saja kerikil-kerikil kecil yang menjadi 'bumbu' dalam hubungan. Meski kecil, pertengkaran tidak dapat terhindarkan ketika Anda dan pasangan tak sepaham atau ada salah satu pihak yang berbuat saja.

Ketika kesalahan ada pada Anda, jangan ragu untuk meminta maaf kepada pasangan. Momen canggung pasti tercipta, namun tidak ada salahnya menurunkan ego dan meredakan emosi.

Lalu, bagaimana cara yang jitu untuk meminta maaf kepada pasangan ketika hubungan tengah dilanda prahara? Simak selengkapnya seperti dirangkum Fimela.com di bawah ini.

1. Menyadari Kesalahan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyadari kesalahan. Ketahui terlebih dahulu kesalahan Anda dan dengarkan pasangan tentang apa yang diungkapkan. Jangan bertahan atau melawan, turunkan ego karena ini bukan momen yang baik untuk mempertahankan argumen.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Bertanggung Jawab atas Kesalahan

Komunikasi adalah kunci paling penting dalam hubungan, termasuk saling jujur dan memberi penjelasan yang sesungguhnya. Lalu, beranikan diri bertanggung jawab atas kesalahan yang telah Anda buat. Hal ini menunjukkan bahwa Anda memang ingin memperbaiki kesalahan.

3. Tak Mengulanginya

Ini jadi kunci yang tidak kalah penting dari semua permintaan maaf. Cara ini akan membuktikan bahwa maaf tidak hanya di mulut tetapi Anda bersedia untuk berubah. Tak bisa dipungkiri, meminta maaf dan memaafkan merupakan skill yang harus dikuasai saat menjalin hubungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.