Sukses

Berapa Lama Sebenarnya Santan Bisa Ditaruh dalam Kulkas?

Menjaga agar warna dan rasa tak berubah, berapa lama sebenarnya santan segar bisa bertahan dalam kulkas?

Liputan6.com, Jakarta - Santan adalah satu dari sekian banyak bahan masakan yang tentu sudah tak asing bagi kebanyakan orang. Masakan Indonesia sendiri cukup banyak memanfaatkan bahan satu ini untuk menambah cita rasa.

Karena bisa digunakan di tak sedikit sajian, sangat wajar bila Anda berinisiatif memeras santan lebih banyak dan menaruh sisanya di kulkas. Kendati sudah ada di lemari pendingin, bukan berarti santan tak punya batas waktu penyimpanan.

Dirangkumkan Fimela.com, santan ternyata hanya bisa bertahan tiga hari di dalam kulkas. Lepas dari waktu itu, bahan ini bisa dikatakan sebagai kategori kurang segar dan sangat mungkin memengaruhi cita rasa masakan.

Sebagai alternatif, Anda bisa mempertimbangkan santan kemasan, baik yang bubuk maupun cair. Pasalnya, santan kemasan bisa bertahan lebih lama dibanding santan langsung diperas dari kelapa.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Waktu Ideal Menyimpan Santan

Setelah kemasannya dibuka, santan jenis ini dikatakan bisa bertahan tiga sampai tujuh hari jika disimpan dalam lemari es. Sementara untuk makanan mengandung santan penyajiannya disarankan sehari saja.

Jika disimpan dalam kulkas dan ingin kembali dihangatkan, jangan melakukannya dengan panas di atas 100 derajat celsius. Hal ini bisa merusak warna, rasa, dan gizi dalam makanan tersebut. (Ivana Okta/Fimela.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.