Penuhi Kebutuhan Selama Ramadan Sembari Bantu Korban Bencana di Lombok, Palu, dan Donggala

Oleh Asnida Riani pada 24 Apr 2019, 22:07 WIB
Unilever Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Lewat program "Ramadan Berbagi: Beli Kebutuhanmu, Beri Kebaikanmu", PT Unilever Indonesia Tbk. mengajak publik turut ambil andil dalam membantu pemulihan usai bencana melanda wilayah Lombok, NTB, Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Nantinya, setiap pembelian produk-produk Unilever selama Ramadan akan dikumpulkan sebagai bentuk donasi dan disalurkan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Bantuan ini bakal digunakan untuk membangun sejumlah infrastruktur meliputi sekolah, rumah sehat dan mobil sehat di Lombok, Palu, dan Donggala.

“Sebagai entitas bisnis yang tumbuh bersama masyarakat Indonesia, Unilever Indonesia berkomitmen turut menyejahterakan seluruh masyarakat Indonesia secara berkelanjutan, sejalan dengan Unilever Sustainable Living Plan," tutur Sinta Kaniawati selaku Head of Sustainable Business and Unilever Indonesia Foundation lewat siaran pers yang diterima Liputan6.comSelasa, 23 April 2019.

"Terlebih lagi, Unilever juga berkomitmen memberi pengalaman terbaik pada masyarakat selama menjalani rutinitas bulan suci Ramadan dengan berbagi inspirasi, tips, termasuk berbagi berkah dengan saudara-saudara kita yang membutuhkan," tambahnya.

Sinta menjelaskan, komitmen ini sebenarnya sudah dijalankan setiap tahun melalui digital platform. Pada tahun ini, konsumen dapat menggunakan ramadhanberbagi.com untuk berkontribusi mendukung program-program Unilever sembari memenuhi kebutuhan keseharian.

Ahmad Fikri selaku Kepala Divisi Pendistribusian BAZNAS menyampaikan, banyak sarana dan prasarana di wilayah-wilayah bencana yang rusak sehingga menghambat aktivitas masyarakat, salah satunya kegiatan belajar mengajar.

Selain itu, fasilitas kesehatan juga masih sangat dibutuhkan karena hingga sekarang sebagian besar masyarakat tinggal di pengungsian yang padat dengan fasilitas sanitasi terbatas. Hal itu membuat pengungsi bencana Lombok, Palu, dan Donggala lebih rentan terkena penyakit.

2 of 3

Detail Bantuan

Unilever Indonesia
Konferensi pers Ramadan Berbagi: Beli Kebutuhanmu, Beri Kebaikanmu" oleh Unilever Indonesia di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, 23 April 2019. (dok. Unilever Indonesia)

Secara detil, Fikri menjelaskan bentuk dukungan yang akan disalurkan. “Kelak sebanyak tiga rumah sehat dan tiga mobil sehat akan dibangun dan beroperasi di tiga titik di wilayah Lombok, Palu dan Donggala," katanya.

"Kami juga akan membangun satu unit sekolah di daerah Donggala. Pada akhirnya, pendirian Rumah Sehat di lebih banyak titik dipercaya akan lebih memudahkan akses layanan kesehatan bagi masyarakat, sedangkan fasilitas sekolah memadai akan memungkinkan generasi muda di Donggala kembali mengenyam pendidikan,” sambungnya.

Juga, agar saudara-saudara Muslim tetap dapat merasakan hangat kebersamaan dan kebahagiaan menjalani Ramadan pertama mereka di tengah kondisi penuh keterbatasan, Unilever Indonesia akan menggelar buka puasa bersama setiap minggu pada hari Jumat selama bulan suci di tiga titik lokasi pengungsian di wilayah Lombok, Palu, dan Donggala.

Chacha Fredrica mendukung penuh ide program ini. "Saya mengajak sebanyak mungkin masyarakat mendukung dan menggunakan kesempatan ini untuk menanamkan nilai-nilai hidup yang penting dalam keluarga. Misal, kepedulian terhadap sesama, rasa simpati, serta empati, rasa syukur,” tuturnya.

Ada pula aktris Jessica Mila yang turut menyampaikan antusiasmenya. “Program ini bisa dimanfaatkan oleh setiap orang untuk berbagi, tanpa memandang latar belakang mereka. Terlebih di bulan yang penuh kebaikan seperti Ramadan nanti,” ucapnya.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓