Sukses

Deteksi Kamera Tersembunyi di Penginapan Saat Traveling dengan 4 Cara Ini

Periksa jaringan Wi-Fi dan sederet cara untuk mengidentifikasi keberadaan kamera tersembunyi di penginapan saat traveling.

Liputan6.com, Jakarta - Tak melulu hotel, opsi penginapan saat traveling sekarang sudah sangat beragam. Pemilihannya bisa disesuaikan dengan jadwal, banyak orang yang ikut berlibur, dan, tentunya, sisihan budget untuk akomodasi.

Menyewa Airbnb jadi salah satu opsi yang belakangan dipertimbangkan banyak pelancong. Di samping harga sewa menggiurkan, jenis penginapan ini juga dapat menampung cukup banyak orang.

Di balik semua keuntungan tersebut, Anda harus berhati-hati sebab kamera tersembunyi terdapat di cukup banyak pengingapan. Dirangkumkan Fimela.com dari Huffpost, Selasa (23/4/2019), insiden kurang mengenakkan baru saja terjadi pada keluarga Nealie dan Andrew Barker.

Ketika itu, mereka menyewa rumah Airbnb saat berlibur di Eropa. Liburan terganggu saat mereka menemukan kamera tersembunyi. Padahal, berdasarkan peraturan, pemilik rumah tidak boleh memasang kamera tersembunyi di kamar tidur dan kamar mandi.

Dari kejadian ini, sudah semestinya Anda tahu cara mendeteksi keberadaan kamera tersembunyi sebagai tindakan berjaga-jaga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara-Cara Mengetahui Keberadaan Kamera Tersembunyi

Cari benda yang tidak pada tempatnya

Jack Plaxe adalah pendiri dan direktur Security Consulting Alliance di Kentucky. Ia mengatakan, para pelancong dapat bertanya pada diri mereka sendiri, "Jika seseorang mencoba merekam saya, di mana mereka akan meletakkan kamera untuk mendapatkan gambar yang mereka inginkan?"

"Carilah barang di tempat-tempat tidak biasa," kata Carrie Kerskie, CEO Griffon Force, sebuah kelompok di Florida yang menasihati klien tentang pencurian identitas dan masalah privasi pribadi, seperti kamera tersembunyi.

"Jika melihat detektor asap di tempat yang terlihat agak aneh, jika ada dua di antaranya tepat di sebelah satu sama lain, bisa jadi terdapat kamera di tempat tersebut," kata Kerskie.

Mematikan lampu

Salah satu praktik yang mudah adalah mematikan lampu di ruangan dan menggunakan senter untuk memindai di mana Anda mencurigai kamera berada. “[Kamera] Memiliki lensa seperti kaca. Jika melihat radio jam yang ada di sebelah tempat tidur dan melihat tempat yang tidak biasa memantulkan cahaya, itu pertanda ada kamera tersembunyi," tambahnya.

"Jika mematikan lampu dan menyinari dengan senter pada perangkat yang dicurigai, kemungkinan besar akan mendapatkan pantulan dari lensa," ungkapnya.

Pindai jaringan Wi-Fi

Barker, seorang konsultan TI, menemukan cara menemukan kamera tersembunyi di rental Airbnb milik keluarganya. Di blog perjalanannya, ia menguraikan bagaimana penyewa dapat menggunakan aplikasi pemindai jaringan yang akan mencantumkan perangkat terhubung ke jaringan, bersama dengan alamat IP dan produsen mereka.

Dalam kasus Barker, kecurigaannya muncul ketika sebuah pabrik bernama "IPCAMERA." Barker menggunakan aplikasi Android yang disebut Network Scanner. Ada juga aplikasi seperti Fing, yang tersedia di iOS dan Android, yang dapat memindai jaringan Wi-Fi dan daftar semua perangkat lain yang menggunakan jaringan serupa.

"Jika Anda melihat sesuatu yang lain di sana, itu bisa jadi indikasi bahwa ada kamera," kata Kerskie

Menutupi tempat yang dicurigai

Jika merasa curiga sedang diawasi, tapi tidak dapat mengonfirmasi hal itu, satu solusi sederhana dan murah untuk mengatasi kecemasan ini adalah menutupi objek yang jadi perhatian.

"Jika memiliki kecurigaan tentang sesuatu di dalam ruangan, seperti, misalnya, jam alarm, ambilah pakaian dari koper dan menggantungnya di atas jam alarm tersebut," kata Plaxe. Anda juga dapat mencabut objek yang tidak perlu dicolokkan. Beberapa kamera tersembunyi membutuhkan sumber listrik agar berfungsi. (Anisha Saktian Putri/Fimela.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.