6 Kastil Terindah di Dunia Seperti Berada di Negeri Dongeng

Oleh Putu Elmira pada 19 Apr 2019, 22:00 WIB
Neuschwanstein Castle

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi princess atau putri mungkin pernah menjadi cita-cita banyak anak perempuan di dunia. Cerita tentang Cinderalla atau Harry Potter yang memiliki latar tempat di kastil membuat banyak orang ingin mengunjunginya.

Kemegahan bangunan, arsitektur yang indah, serta pemandangan alam di sekitarnya menjadi daya tarik utama. Berikut Liputan6.com merangkum enam kastil terindah di dunia yang semuanya berada di Eropa, dan dilansir dari beragam sumber.

1. Kastil Neuschwanstein, Jerman

Kastil ini dibangun pada abad ke-18 di sebuah bukit terjal di Bavaria, Jerman. Dibangun oleh Ludwig II dari Bavaria. Terlihat di sekelilingnya pegunungan dan hutan seakan memberikan kesan magis.  Apalagi ketika dipotret saat musim salju tiba.

Kastil yang didomonasi warna putih itu seakan menyatu dengan warna putih salju. Setiap tahun, lebih dari 1,5 juta orang yang mengunjungi kastil ini.

2. Mont Saint Michel, Perancis

Mont Sail Michel
Kastil Mont Saint Michel (dok. Wilson Chang/Fairuz Fildzah)

Dulunya, kastil ini berada di daratan. Akibat air laut yang naik, kastil seakan berada di suatu pulau. Kastil ini berada di pulau pasang surut berbatu di Normandia, Perancis. Pengunjung yang datang harus menunggu surut air laut untuk bisa datang ke sini.

3. Kastil Alcazar Segovia, Spanyol

Alcazar Sergovia
Kastil Alcazar Sergovia di Spanyol (dok. Gayulo/Fairuz Fildzah)

Kastil megah ini berada di kawasan kota tua di Segovia, Spanyol. Berbentuk seperti haluan kapal. Dinding batunya berwarna putih gading dengan bagian atap berbentuk kerucut warna kebiruan.  Kastil ini lah yang menginspirasi Walt Disney dalam membuat kastil dalam kartun Cinderella.

2 of 3

4. Kastil Windsor, Inggris

Windsor Castle
Kastil Windsor di Inggris (dok. Diego Torres/Fairuz Fildzah)

Dari kejauhan, kastil Windsor terlihat sangat besar dan memanjang. Sangat indah bila dikunjungi saat musim semi di sore hari. Pepohonan berwarna oranye dan kuning dipadu dengan cahaya matahari yang teduh.

Di dalam kastil yang berlokasi di Wndsor, Berkshire ini terdapat banyak lukisan serta barang antik seperti meja dan bangku. Arsitektur dalam kastil sengat lndah dengan ukiran di atap dan tiap sudut ruangan.

5. Kastil Hohensalzburg Fortress, Austria

Hohensalzburg Castle
Kastil Hohensalzburg Fortress di Austria (dok. Hans/Fairuz Fildzah)

Salah satu kastil tertua di Eropa ini berada di salah satu gunung di Salzburg, Austria. Uniknya, kastil ini seakan berada di atas bukit yang dikeliling banyak bangunan.

Sangat cantik bila dilihat menjelang malam hari. Sinar lampu dari bangunan di sekitarnya serta bayangan gunung dengan salju di atasnya membuat kastil terlihat sangat indah.

6. Kastil Sammezzano, Italia

Kastil cantik ini memiliki gaya artitektur moorish berupa perbaduan gaya Spanyol dan Portugal dengan gaya artitektur Islam di Afrika Utara. Banyak pola pada kaca, dinding, dan langit-langit yang berwarna-warni.

Arsitekturnya yang berbeda dengan kastil Eropa kebanyakan ini membuat Sammezzano jadi pilihan banyak wisatawan ketika berkunjung ke Italia. (Fairuz Fildzah)

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓