Sukses

Biar Lebih Fokus, Jangan Lupa Sarapan Sebelum Nyoblos di Pemilu 2019

Kalau melewatkan sarapan, Anda bisa tidak fokus saat nyoblos di TPS Pemilu 2019. Apa saja makanan yang sebaiknya disantap saat sarapan?

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, Rabu, 17 April 2019, Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 digelar serentak di seluruh Indonesia. Anda yang ingin mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS), bisa datang mulai dari pagi hari.

Tapi sebelum datang ke TPS, jangan lupa untuk sarapan. Jangan anggap remeh sarapan. Karena tanpa sarapan Anda bisa saja merasa lapar saat menunggu giliran mencoblos di TPS, alhasil bisa jadi kurang fokus saat mencoblos.

Kalau terlalu sering mengosongkan perut di pagi hari sampai waktunya makan siang berakibat metabolisme tubuh akan drop dan bisa dipastikan Kamu menjadi sulit konsentrasi dan tubuh terasa lemah.

Sarapan di rumah juga bisa menghemat pengeluaran, karena biasanya di sekitar TPS ada beberapa penjual makanan yang menjual makanan seperti siomay, bakso, bubur ayam, ketoprak, cilok, dan lain-lain.

Beragam makanan maupun jajanan itu bisa bikin lapar mata dan perut keroncongan kalau Anda tidak sarapan lebih dahulu sebelum mencoblos di TPS Pemilu 2019.

Anda bisa pilih menu tinggi protein untuk sarapan agar bisa kenyang lebih lama. Misalnya saja dengan sarapan telur, Namun jangan lupa untuk melengkapi dengan serat dan nutrisi lain yang dibutuhkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Susu, Sayur, dan Buah

Dilansir dari merdeka.com, Anda disarankan mengonsumsi makanan dengan kandungan protein yang tinggi, seperti produk susu rendah lemak, serta buah dan sayur.

Gandum utuh bisa dikonsumsi dalam bentuk granola, muesli, maupun sereal. Tapi pastikan untuk menggunakan bahan-bahan tambahan yang jumlah kalorinya tidak berlebih.

Kalau Anda ingin mengonsumsi susu saat sarapan pagi, pilihlah produk susu rendah lemak seperti susu rendah atau tanpa lemak, yoghurt, maupun keju rendah lemak.

Sangat dianjurkan untuk mengkombinasikan sarapan sehat Anda dengan sayur dan buah. Anda juga dapat menyajikannya dalam bentuk jus atau smoothies. Hindari penggunaan banyak gula dalam pembuatan jus dan gunakan susu rendah lemak untuk menyajikan smoothies saat sarapan.

3 dari 3 halaman

Kopi dan Makanan Instan

Anda juga boleh meminum kopi saat sarapan. Namun, kopi sebaiknya diminum setelah sarapan untuk mencegah risiko iritasi lambung.

Hindari konsumsi makanan instan saat sarapan pagi karena kandungan gula atau garamnya sangat tinggi dan dapat mengganggu program hidup sehat Anda. Pastikan juga porsi makan Anda saat sarapan pagi berada dalam jumlah cukup.

Porsi makan yang berlebihan atau terlalu kenyang saat sarapan akan membuat Anda malas bergerak sehingga jadi malas ke TPS.  Jadi, jangan lupa sarapan dengan menu makanan sehat dan porsi secukupnya menjelang nyoblos di Pemilu 2019.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.