Biar Lebih Fokus, Jangan Lupa Sarapan Sebelum Nyoblos di Pemilu 2019

Oleh Henry Hens pada 17 Apr 2019, 06:06 WIB
Diperbarui 18 Apr 2019, 16:14 WIB
Sarapan Pagi Breakfast

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, Rabu, 17 April 2019, Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 digelar serentak di seluruh Indonesia. Anda yang ingin mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS), bisa datang mulai dari pagi hari.

Tapi sebelum datang ke TPS, jangan lupa untuk sarapan. Jangan anggap remeh sarapan. Karena tanpa sarapan Anda bisa saja merasa lapar saat menunggu giliran mencoblos di TPS, alhasil bisa jadi kurang fokus saat mencoblos.

Kalau terlalu sering mengosongkan perut di pagi hari sampai waktunya makan siang berakibat metabolisme tubuh akan drop dan bisa dipastikan Kamu menjadi sulit konsentrasi dan tubuh terasa lemah.

Sarapan di rumah juga bisa menghemat pengeluaran, karena biasanya di sekitar TPS ada beberapa penjual makanan yang menjual makanan seperti siomay, bakso, bubur ayam, ketoprak, cilok, dan lain-lain.

Beragam makanan maupun jajanan itu bisa bikin lapar mata dan perut keroncongan kalau Anda tidak sarapan lebih dahulu sebelum mencoblos di TPS Pemilu 2019.

Anda bisa pilih menu tinggi protein untuk sarapan agar bisa kenyang lebih lama. Misalnya saja dengan sarapan telur, Namun jangan lupa untuk melengkapi dengan serat dan nutrisi lain yang dibutuhkan.

2 of 4

Susu, Sayur, dan Buah

[Bintang] Ilustrasi Sarapan
Cari tahu manfaat bangun pagi untuk kesehatan tubuh dan pikiran di sini yuk! (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Dilansir dari merdeka.com, Anda disarankan mengonsumsi makanan dengan kandungan protein yang tinggi, seperti produk susu rendah lemak, serta buah dan sayur.

Gandum utuh bisa dikonsumsi dalam bentuk granola, muesli, maupun sereal. Tapi pastikan untuk menggunakan bahan-bahan tambahan yang jumlah kalorinya tidak berlebih.

Kalau Anda ingin mengonsumsi susu saat sarapan pagi, pilihlah produk susu rendah lemak seperti susu rendah atau tanpa lemak, yoghurt, maupun keju rendah lemak.

Sangat dianjurkan untuk mengkombinasikan sarapan sehat Anda dengan sayur dan buah. Anda juga dapat menyajikannya dalam bentuk jus atau smoothies. Hindari penggunaan banyak gula dalam pembuatan jus dan gunakan susu rendah lemak untuk menyajikan smoothies saat sarapan.

3 of 4

Kopi dan Makanan Instan

Sarapan Pagi Breakfast
Ilustrasi Foto Sarapan (iStockphoto)

Anda juga boleh meminum kopi saat sarapan. Namun, kopi sebaiknya diminum setelah sarapan untuk mencegah risiko iritasi lambung.

Hindari konsumsi makanan instan saat sarapan pagi karena kandungan gula atau garamnya sangat tinggi dan dapat mengganggu program hidup sehat Anda. Pastikan juga porsi makan Anda saat sarapan pagi berada dalam jumlah cukup.

Porsi makan yang berlebihan atau terlalu kenyang saat sarapan akan membuat Anda malas bergerak sehingga jadi malas ke TPS.  Jadi, jangan lupa sarapan dengan menu makanan sehat dan porsi secukupnya menjelang nyoblos di Pemilu 2019.

4 of 4

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by