Katedral Terindah di Dunia, dari Notre Dame Paris hingga St Basil Moskow

Oleh Putu Elmira pada 19 Apr 2019, 07:01 WIB
Katedral Notre Dame de Paris

Liputan6.com, Jakarta - Kobaran api membumbung di atas langit malam Kota Paris, Senin, 15 April 2019. Masyarakat Paris berduka. Katedral Notre Dame yang menjadi ikon wisata di Paris itu terbakar.

Katedral merupakan tempat ibadah umat Katolik. Tidak seperti gereja yang ada di mana-mana, katedral hanya ada satu di wilayah besar. Maka itu, katedral dibangun sangat besar dan arsitekturnya sangat mewah. Berikut enam katedral terindah di dunia yang dirangkum Liputan6.com yang wajib Anda datangi ketika berwisata.

Notre Dame Cathedral, Paris, Perancis

Katedral ini berada di jantung kota Paris yang didesain oleh Bishop Maurice pada 1163. Bangunan besar dibuat dengan desain arsitektur gaya gotik. Beragam patung dan kaca patri yang indah menjadi daya tarik katedral ini. Bahkan, katedral ini masuk dalam UNESCO World Heritage Site karena keindahannya sebelum kebakaran meruntuhkan atap dan puncak menara katedral itu.

St Basil Cethedral, Moskow, Rusia

Bangunannya yang terlihat unik dan warna-warni menjadi daya pikat katedral yang satu ini. Kubahnya yang menjulang ke langit terlihat seperti nyala api unggun. Katedral ini berada di kawasan Red Suqare, Moskow yang dibangun pada 1555. Rasanya tak lengkap bila tak berfoto di depan St Basil bila mampir ke Moskow.

 

2 of 3

St. Paul Cathedral, London, Inggris

Boneka Paddington Bear Mejeng di London
Seseorang yang mengenakan kostum Paddington Bear berpose dengan latar belakang Katedral St. Paul di London, Inggris (30/5). Karakter Paddington ini cukup terkenal di Inggis. (AP/Frank Augstein)

Katedral ini merupakan katedral Protestan pertama di Inggris. Dibangun oleh Sir Christopher Warren pada abad ke -17. Bangunannya yang megah ini menjadi ikon kota London. Warna biru yang cantik seakan bertengger di atas langit kota.

Santa Maria del Fiore, Florence, Itali

Seni, spiritual, dan budaya menggambarkan katredal yang satu ini. Dibangun pada abad ke-14, Santa Maria del Fiore ini dirancang oleh Brunelleschi. Nuansa megah dan unik terlihat dari bangunannya. Katedral ini memiliki menara lonceng yang sangat cantik dan sayang bila tidak diabadikan dalam foto.

The Kölner Dom, Cologne, Jerman

Katedral yang megah ini merupakan salah satu bangunan gaya gotik terindah di Eropa. Menara kembar yang menjulang tinggi dan tangga menuju puncak menara sangatlah menarik untuk dinaiki. Pemandangan dari atas katredal menghadap ke kota Cologne serta Sungai Rhine menjadi daya pikat bila datang ke kota ini.

The Vitus Cathedral, Praha, Republik Ceko

Mampir ke Praha, jangan lupa datang ke katedral yang satu ini. Puncak menara dengan arsitektur gotik abad pertengahan akan menyambut Anda. Uniknya, katedral ini dapat dilihat hampir dari semua titik di Kota Praha. Katedral ini merupakan bangunan penting yang ada di Kota Praha.(Fairuz Fildzah)

 

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓