Sukses

Kisah Atlet Taekwondo Cilik Bersiap Ikut Triathlon demi Penderita Kanker

Persiapan atlet taekwondo cilik untuk ikut triathlon tak main-main. Demi mendukung penderita kanker, ia berlatih lari, renang, hingga bersepeda hingga 10 kilometer.

Liputan6.com, Jakarta - Kepedulian pada sesama dapat diwujudkan dalam berbagai hal dan tidak mengenal usia. Salah satu aksi menyentuh dilakukan oleh seorang anak laki-laki berusia 11 tahun yang siap melaksanakan triathlon (berenang, bersepeda, dan berlari).

Bukan tanpa alasan, tantangan tersebut merupakan misi mulia Hanhan untuk mendukung anak-anak seusianya yang tengah berjuang melawan penyakit kanker dan juga para penderita gizi buruk.

Aksinya ini pertama kali disampaikan melalui akun Instagram pribadi @hanhan_taekwondokids. Ia terlihat mengunggah video sedang latihan berlari di Lapangan Sempur, Istana Bogor pada akhir Maret 2019 lalu.

"Bismillah, Teman-teman semua mohon do'a dan dukungannya ya. Saya akan melakukan tantangan triathlon (berenang, bersepeda, berlari). Saya akan berenang sejauh 200 meter, bersepeda 10 kilometer dan berlari sejauh 5 kilometer," tulis Hanhan.

Di akhir keterangan, Hanhan turut mengajak warganet untuk turut memberikan dukungan kepada para penderita kanker juga mereka yang gizi buruk agar mendapatkan makanan sehat dan gizi berimbang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Persiapan untuk Triathlon

Melalui sederet unggahan di Instagramnya, Hanhan diketahui memang sangat mencintai olahraga. Hal ini pula yang membawanya tekun berlatih dalam mempersiapkan aksi triathlon seperti saat latihan lari di Jogging Track Lapangan Sempur pada 3 April 2019 lalu.

"Alhamdulillah, ini lima kilometer kedua. Persiapan triathlon challenge untuk anak-anak penderita kanker dan anak-anak penderita gizi kurang. Mohon doa ya," tulisnya.

Tak hanya jogging, Hanhan juga melakukan latihan tali skipping. Tangannya dengan gesit memutar tali skipping dengan penuh semangat sekaligus dibarengi dengan kedua kaki yang melaju naik-turun.

Kian memantapkan latihan, ia juga berlatih dengan naik turun anak tangga. "Bismillah, berlatih di tangga jembatan tol tanah baru. Menguatkan otot tubuh bagian bawah dan otot kaki," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Berlatih Berenang dan Bersepeda

Persiapan berenang tentu tidak terlewatkan. Momen tersebut diabadikan dalam video singkat yang diunggah pada 6 April 2019 lalu dan menampilkan Hanhan tengah berada di pinggir kolam lengkap dengan baju dan kacamata renang.

"Hari saya berlatih renang, persiapan Tantangan Triathlon. Donasi yang terkumpul akan diberikan untuk anak-anak pengidap kanker dan anak-anak yang terkena gizi kurang. Dukung saya dan dukung mereka, dukung Anak Indonesia Sehat," ungkap Hanhan.

Lalu, latihan bersepeda juga dilaksanakan Hanhan dari Tanah Baru melalui jalan raya Jakarta-Bogor kemudian dilanjutkan menuju Danau Cifor. Rute bersepeda dilanjutkan masuk kampus IPB dan berputar lewat terminal Bubulak, Cimanggu, kembali ke Tanah Baru.

Di sisi lain, aksi Hanhan menuai pujian dan mendapat banyak dukungan yang disampaikan melalui kolom komentar. "Wohoo. Goo Mas Hanhan, goodluck," tulis akun ipeh. "Luar biasa, semangat terus membangun remaja2 yg kuat," tambah akun amudhasan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.