Sukses

Mengenal Sup Harira, Makanan Jamuan Raja Salman untuk Jokowi

Dijamu Raja Salman di Arab Saudi, sup harira yang disajikan untuk rombongan Jokowi ternyata berasal dari negara Timur Tengah lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana Widodo bertemu dengan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud di Istana Pribadi Raja di Riyadh, Arab Saudi pada Minggu 14 April 2019.

Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan, Presiden dan Ibu Negara Iriana sempat berbincang sebentar dengan Raja Salman di ruang tunggu utama.

Setelah berbincang sebentar di ruang utama, Presiden dan Ibu Iriana kemudian dijamu santap bersama oleh Raja Salman.

Menu yang disuguhkan untuk Jokowi dan rombongannya adalah makanan khas Timur Tengah, antara lain sup harira, daging iga sapi, nasi mandhi dengan ayam, dan sejumlah makanan penutup dan manisan khas Arab Saudi.

Yang menarik, salah satu menu yaitu sup harira bukan kuliner khas Arab Saudi, tapi berasal dari Maroko yang memang banyak digemari di Timur Tengah.

Harira adalah sup tradisional dari Maroko yang biasa dikonsumsi untuk berbuka puasa. Meski populer dimasak saat Ramadan untuk berbuka, makanan yang disediakan untuk Jokowi ini juga banyak dikonsumsi di hari biasa.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menu Favorit Ramadan

Dilansir dari merdeka.com, bahan yang digunakan dalam harira biasanya berbeda-beda tergantung dari masing-masing wilayah.  Salah satu menu favorit para keluarga di Maroko saat Ramadan ini adalah sejenis sup kental dari tomat, kaldu, telur dan tepung.

Proses masaknya termasuk cukup yaitu sekitar dua jam 45 menit atau hampir tiga jam. Anda bisa menambahkan bumbu seperti garam, merica, atau daun mint dan kayu manis untuk menambah cita rasa sup harira, sesuai selera Anda.

Biasanya harira disajikan dengan roti buatan rumah dan madu. Sedangkan di Aljazair, sup ini juga disajikan dengan potongan lemon. Anda juga bisa memakannya dengan nasi.

3 dari 3 halaman

Tak Harus ke Maroko atau Arab

Para wanita di Maroko biasa menyajikan makanan ini dalam keadaan hangat. Harira paling sering tersaji di meja makan saat ada perjamuan buka puasa.

Namun tak jarang mereka juga menyajikannya kembali saat sahur. Tak perlu jauh-jauh ke Maroko atau ke Arab Saudi seperti Presiden Jokowi. Anda bisa mengunjungi sejumlah restoran di Indonesia yang menyajikan makaanan khas Timur Tengah untuk mencoba dan menikmati sup harira.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.