Sukses

Moderator Debat Pilpres Terakhir, Balques Manisang Bukan Sekadar Jurnalis

Simak profil Balques Manisang, salah seorang moderator debat terakhir Pilpres yang ternyata juga mempunyai profesi lain.

Liputan6.com, Jakarta - Debat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 putaran kelima yang merupakan debat terakhir akan berlangsung pada Sabtu, 13 April 2019 di Hotel Sultan, Jakarta Pusat.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menetapkan Balques Manisang dan Tomy Ristanto sebagai moderator. Debat kelima nanti bertema ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, serta industri.

Sebelum menyaksikan debat, ada baiknya kita mengenal lebih dulu sosok salah satu moderator debat Pilpres 2019, Balques Manisang.

Perempuan kelahiran Solo, Jawa Tengah ini memulai kariernya di TvOne sebagai jurnalis pada 2008. Balques merupakan lulusan London School of Public Relation Jakarta yang menempuh jurusan komunikasi massa.

Setelah terjun ke lapangan untuk meliput berbagai peristiwa, jurnalis yang akan mengawali debut sebagai moderator debat Pilpres ini juga sempat menjadi associate producer.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terjun ke Lapangan

Dilansir dari merdeka.com dan sejumlah sumber, pada 2017, presenter berusia 33 tahun ini mendapatkan tantangan untuk membuat sebuah program televisi. Ia mengungkapkan keinginannya untuk terjun kembali lagi ke lapangan.

Perempuan berdarah Talaud, Sulawesi Utara ini kemudian menjadi host acara talk show dan program Fakta' sejak Agustus 2017 yang masih dijalaninya sampai saat ini. Di program tersebut, Balques kembali terjun ke lapangan untuk menggali data dan informasi seputar permasalahan sosial yang sedang marak dibicarakan.

Tak hanya menjadi jurnalis, Balques ternyata juga mau berbagi ilmu pada banyak orang. Bersama dengan teman-teman seprofesinya termasuk beberapa penyiar televisi senior, ia tergabung menjadi pengajar di sekolah komunikasi Sepikul yang baru didirikan pada akhir 2018.

3 dari 3 halaman

Jadi Pengajar

Sekolah yang berlokasi di Jakarta ini terbuka untuk semua kalangan yang ingi mempelajari ilmu komunikasi. Sementara menjelang debat capres 2019 putaran kelima besok, Balques Manisang sudah mulai berlatih bersama rekannya, Tomy Ristanto dari NET TV.

Hal itu terlihat dalam unggahan di akun Instagram Balques pada Kamis, 11 April 2019. Jurnalis yang baru aktif di Instagram pada Desember 2018 ini memajang foto dirinya bersama Tomy dan menulskan: "Bersama rekan @tomrist_ yang baru ngobrol dalam 3 hari ini, setelah bertahun-tahun jadi jurnalis, doain kompak ya 🙏,".

Seperti apa penampilan keduanya? Kita lihat saja besok, Sabtu, 13 April 2019 yang akan menjadi debat penutup atau yang terakhir sebelum Pilpres dan Pemilu pada 17 April 2019.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.