Sukses

6 Olahraga yang Bantu Bugarkan Badan Saat Sibuk

Sibuk bukan alasan untuk membuat Anda malas berolahraga. Olahraga apa saja yang bisa dilakukan di kala jadwal sibuk?

Liputan6.com, Jakarta - Kesibukan bukan alasan agar Anda tidak berolahraga. Ingatlah bahwa salah satu sumber kebahagiaan adalah memiliki tubuh yang sehat.

Banyak manfaat yang Anda dapat saat berolahraga. Selain membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar, olahraga juga dapat mengangkat mood dan meningkatkan fokus kita terhadap apa yang kita kerjakan.

Mungkin Anda berpikir bahwa terlalu banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, mulai dari mengurus anak dan mengerjakan pekerjaan rumah tangga setelah pulang bekerja sehingga tidak ada waktu untuk memperhatikan kebugaran.

Berolahraga beberapa menit di pagi hari dapat membantu Anda meningkatkan metabolisme tubuh dan memberikan Anda energi untuk menjalani hari-hari berikutnya. Berolahraga selama hari kerja akan membantu meningkatkan kekuatan otak dan membuat Anda menjadi lebih fokus sehingga mampu menyelesaikan banyak hal. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daftar Kegiatan

Sementara, berolahraga di malam hari akan membantu meningkatkan relaksasi dan menghindarkan Anda dari stress. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa hal yang dapat membantu Anda untuk berolahraga di jadwal yang sibuk.

1. Bertelepon

Dibandingkan dengan mengirim email atau teks, Anda dianjurkan untuk bertelefon. Bertelefon dengan berjalan di lorong kantor, dapat membantu Anda jika tidaksempat melakukan olahraga karena jadwal yang sibuk.

2. Menaiki tangga

Lupakan elevator, mulailah menaiki tangga. Menaiki tangga kantor adalah salah satu olahraga yang bisa Anda lakukan dikala banyak pekerjaan.

Hal tersebut akan membantu Anda menaikkan massa otot dan juga membakar banyak kalori. Tidak hanya itu, menaiki tangga juga membantu Anda menghemat banyak waktu. Ketika orang-orang sedang menunggu pintu elevator, Anda sudah sampai di lantai yang dituju.

 

3 dari 3 halaman

3. Mengikuti Kelas Fitness

Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga, mengikuti kelas fitness bisa menjadi pilihan Anda. Anda tidak perlu ke gym dan berkeliaran sendiri mencari mesin apa yang akan digunakan.

Dengan mengikuti kelas fitness, Anda hanya perlu datang tepat waktu, berolahraga dan pergi ketika kelas berakhir. Sebagian besar kelas fitness hanya berdurasi 45 menit.

4. Bersih-Bersih

Membersihkan rumah juga bisa menjadi opsi olahraga bagi Anda yang sibuk. Pekerjaan rumah tangga juga bisa digunakan sebagai olahraga. Hanya menyapu dengan cepat, mencuci piring dengan sedikit lebih keras, bahkan Anda bisa menabahkan beberapa jumping jacks diantaranya.

5. Yoga

Anda yang hanya memiliki waktu luang di malam hari, sebaiknya luangkan waktu untuk melakukan yoga sebelum tidur. Selain cukup aman dilakukan di malam hari, yoga juga dapat membuat tubuh dan pikiran Anda rileks sebelum bersiap tidur. Jika pikiran dan tubuh Anda rileks, peredaran darah juga lancar sehingga membuat Anda tidur dengan nyenyak.

6. Turunlah dari bus atau kereta satu tempat lebih awal

Turun lebih awal sebelum tempat tujuan memberikan Anda waktu untuk berjalan ekstra. Bahkan berjalan dalam jarak dekat akan membantu Anda menurunkan berat badan dan membakar kalori ekstra. (Riyandhiani Kartika Dewi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.