Deretan Korban Koreksi Tulisan Berbahasa Inggris @Englishbuster, dari Raisa hingga Awkarin

Oleh Komarudin pada 12 Apr 2019, 14:00 WIB
English Buster Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah akun Instagram bernama @englishbuster mendadak viral. Ia memasang gambar lukisan terkenal karya maestro Belanda Johannes Vermeer yang berjudul Meisje Met de Parel sebagai foto profil.

Dalam bionya, admin akun ini menulis, "Making Indonesian influencers learn better English, one caption at a time," yang berarti membantu influencer Indonesia belajar Bahasa Inggris dengan lebih baik, dengan satu caption di suatu waktu.

Yang menjadikannya terkenal adalah aksinya yang banyak mengoreksi Bahasa Inggris banyak pesohor. Sudah banyak influencer, selebgram, dan artis Indonesia yang unggahan captionnya menjadi korban koreksiannya, mulai dari penyanyi Raisa hingga selebgram Awkarin.  

Dilansir dari akun Instagram @englishbuster hanya dalam 11 hari usai akun ini dibuat, tercatat sudah puluhan ribu pengikut, baik yang pro maupun yang kontra. Dilihat dari koreksian yang dia lakukan, pemilik akun ini dianggap cukup jenius dan memiliki kemampuan Bahasa Inggris di atas rata-rata.

Sacha Stevenson, seorang bule Kanada yang menikah dengan orang Indonesia dan tinggal lama di sini, digadang-gadang sebagai pemilik akun ini. Akan tetapi, melalui akun YouTubenya, dia menampik tudingan warganet bahwa dia adalah pemilik akun @englishbuster. Lalu, siapakah pemilik akun ini sebenarnya?

 

YouTuber
Karyawan Samsung yang dibayar Rp 820 juta per tahun ini memilih resign untuk menjadi YouTuber (Foto: Strait Times)
2 of 5

Pro dan Kontra netizen terhadap akun @englishbuster

Akun dengan nama @englishbuster ini mengundang pro-kontra di dunia maya. Banyak yang menyambut positif akun ini sebagai media pembelajaran Bahasa Inggris model baru. Namun, juga tidak sedikit netizen yang menganggap akun ini sebagai pelaku perisakan.

Tidak ada yang sempurna. Pemilik akun ini pun bukan "maha benar". Beberapa koreksian darinya juga sempat dikoreksi lagi oleh para pengikutnya. Admin akun tersebut menganggap hal tersebut sebagai masukan dan segera mengklarifikasinya.

Akun ini juga mendapat sambutan baik di kalangan para influencer, selebgram, dan artis Indonesia. Beberapa dari mereka ada yang tidak peduli, sebagian lagi berterima kasih atas koreksi yang dilakukan oleh sang admin. Siapa saja mereka?

1. Andhika Wira R.K atau skinnyfabs

Dalam sebuah unggahan video Instagramnya yang berisi tentang perbedaan pelafalan kata menggunakan Bahasa Inggris dengan aksen English dan Amerika, Andhika mendapatkan koreksi dari @englishbuster. "As an "English enthusiast," you need to start focusing on grammar, capitalization and punctuation," tulis sang admin dalam sebuah screen capture dari unggahan Andhika.

 

3 of 5

Raisa Andrianna

[Bintang] Raisa dan Hamish Daud
Raisa dan Hamish Daud

Wanita cantik pelantun lagu LDR sekaligus istri dari Hamish Daud ini juga menjadi korban koreksi dari @englishbuster. Caption dari unggahannya yang sedang mengiklankan salah satu produk mendapatkan koreksian dari sang admin, salah satunya adalah kurangnya penggunaan huruf 's' dalam tulisan bones.

3. Nabila Syakieb

Artis cantik berdarah Arab ini juga menjadi korban koreksi dari @englishbuster. Dalam unggahannya yang sedang memakai piyama warna abu dia menuliskan caption dalam bahasa Inggris yang kemudian mendapatkan koreksi dari akun @englishbuster.

4. Nia Ramadhani

Wanita cantik istri dari pengusaha Anindra Ardiansyah Bakrie ini juga termasuk dalam deretan korban koreksi dari akun @englishbuuster. Postingan-nya dengan Jessica Iskandar menjadi sorotan karena kesalahan penggunaan kata "women".

 

4 of 5

5. Awkarin

Gaya Rambut Awkarin yang Modis dan Banyak Jadi Inspirasi
Selebgram dengan nama Karin Novilda dan dikenal banyak sensasi ini suka dengan gaya rambut poni. Namun, tak jarang juga ia mengkreasikan poni rambutnya tersebut sehingga semakin menarik. (Liputan6.com/Instagram/@awkarin)

Selebgram yang satu ini telah masuk dua kali dalam akun @englishbuster. Ada empat poin yang menjadi koreksi dari caption yang ditulis oleh pelantun lagu "Bad Ass" dalam postingannya yang diunggah pada Maret 2019 lalu. Salah satunya penggunaan preposisi 'on' setelah kata 'how', alih-alih menyambungkannya dengan 'in'.

5. Mellisa Fortunita

Gadis cantik yang berusia 27 tahun ini adalah Miss Indonesia DKI Jakarta III tahun 2018. Caption yang ditulis pada unggahannya di Instagram pada Oktober tahun lalu juga mendapatkan koreksi dari @englishbuster. Ada lima poin yang dikoreksi, di mana salah satunya adalah penempatan kata 'a' yang keliru.  (Riyandhiani Kartika Dewi)

5 of 5

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓