Sukses

5 Hal Baik yang Terjadi Jika Mengonsumsi Ikan Setiap Hari

Salah satu manfaat yang didapat jika mengkonsumsi ikan setiap hari adalah dapat mengurangi depresi.

Liputan6.com, Jakarta - Ikan merupakan salah satu makanan yang memiliki gjzi yang tinggi untuk kesehatan. Termasuk peningkatan metabolisme, kualitas tidur, kesehatan kulit, dan konsentrasi serta peradangan yang lebih rendah.

Melansir dari laman foodprevent.com, Selasa, 9 April 2019 memilih ikan dengan kandungan merkuri rendah adalah pilihan yang tepat. Ikan dapat memberikan manfaat luar biasa untuk tubuh. Berikut lima hal baik yang akan terjadi jika Anda mengkonsumsi ikan setiap hari.

1. Dapatkan lemak baik

Faktanya ikan mengandung jenis lemak yang paling sehat. Itu karena lemak dalam ikan adalah dalam bentuk asam lemak Omega 3, atau lemak "baik". Omega 3 berkontribusi pada fungsi optimal otak sebagai permulaan, tetapi juga memainkan peran penting dalam kesehatan jantung.

Konsumsi asam lemak omega-3 secara teratur dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung atau stroke, dan memperlambat pertumbuhan plak di arteri. Ini juga menurunkan trigliserida (lemak jahat) dan mengurangi tekanan darah.

2. Menjaga kesehatan jantung

Mengganti ikan dengan protein lain seperti daging merah, ayam, dan domba dapat menjadi pilihan cerdas untuk tubuh. Makanan tersebut mengandung Omega 3 yang dapat berfungsi baik untuk kesehatan.

Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa kombinasi asam lemak Omega 3 dan nutrisi lain dalam ikan dapat mencegah serangan jantung. Dapatkan banyak vitamin seperti D dan B2 (riboflavin) ditambah kalsium, fosfor, zat besi, seng, yodium, magnesium, dan kalium dalam setiap sajian ikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Cukupi Kebutuhan Vitamin D

Tidak hanya paparan sinar matahari di pagi hari yang baik untuk tulang, ikan juga merupakan sumber vitamin D yang baik. Vitamin D memainkan peran penting dalam memungkinkan tubuh untuk menyerap banyak nutrisi lain.

Tanpanya, kita mungkin mengalami kekurangan meskipun asupan yang memadai. Pikirkan porsi ikan harian Anda sebagai pendorong untuk segala sesuatu yang Anda makan sepanjang hari.

4. Melawan depresi

Para ilmuwan masih berusaha untuk menentukan alasannya, tetapi jelas bahwa orang yang makan ikan lebih banyak rata-rata lebih rendah untuk mengalami depresi.

Kemungkinan besar pola makan sehat secara keseluruhan dikaitkan dengan suasana hati yang lebih baik, tetapi kita juga tahu bahwa asam lemak omega 3 dapat memengaruhi tingkat bahan kimia perasaan-enak, dopamin dan serotonin di otak.

Akhirnya, karena ikan secara alami dapat mengurangi peradangan, makan banyak itu meningkatkan aliran darah. Itu juga dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan memperlancar perubahan suasana hati.

5. Mengurangi risiko gangguan autoimun

Gangguan autoimun adalah ketika sistem kekebalan tubuh menjadi tidak bisa mengontrol tubuh dan menyerang serta menghancurkan jaringan tubuh yang sehat. Salah satu contoh paling umum adalah diabetes tipe 1, di mana sistem kekebalan menyerang sel-sel yang memproduksi insulin di pankreas. (Adinda Kurnia Islami)

Saksikan video pilihan di bawah:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.