Diskusi Isra Mi’raj dengan Putrinya yang Cerdas dan Kritis, Yana Julio Dipuji Warganet

Oleh Henry Hens pada 07 Apr 2019, 19:00 WIB
Diperbarui 08 Apr 2019, 15:14 WIB
Yana Julio

Liputan6.com, Jakarta - Grup vokal Elfa's Singers memiliki sederet penyanyi bertalenta. Salah satunya adalah Yana Julio yang memiliki suara sebening kristal.

Penyanyi kelahiran Bogor, Jawa Barat 58 tahun lalu ini masih aktif di dunia hiburan baik sebagai penyanyi solo maupun bersama Elfa’s Singers. Ia kerap membagikan foto-foto kegiatannya di media sosial.

Selain itu, ia juga fokus mengurus keluarganya bersama sang istri, Kania. Pemilik nama asli Rusyana ini mempunyai tiga orang anak. Salah satunya adalah Aisyah Raihan Fadhillah.

Baru-baru ini, Yana mengunggah pembahasan menarik seputar pertanyaan Aisyah tentang Isra Mi’raj di akun Instagramnya. Dalam unggahan pada 3 April 2019 yang bertepatan dengan peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW, Yana terlihat berfoto bersama anak keduanya itu.

Pria yang tetap awet muda itu terlihat memakai kemeja motif batik dan mengenakan kacamata. Sementara putrinya memakai hijab motif garis-garis dengan dominasi warna abu-abu dan hitam, memakai baju putih.

Namun bukan itu yang menarik perhatian warganet, tapi seputar pertanyaan kritis Aisyah dan jawaban yang diberikan Yana.

2 of 3

Penjelasan Ilmiah

Yana Julio
Yana Julio dan putrinya, Aisyah. (dok.Instagram @yanajulio60/https://www.instagram.com/yanajulio60/p/BvyFfwcl3Jj/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=11yicn48ady6k/Henry

Yana menuliskan kalau Aisyah adalah anaknya yang paling kritis dan scientific minded, semua harus ada penjelasan ilmiahnya. Aisyah pun sudah beberapa kali memenangkan Lomba Karya Ilmiah Tingkat Nasional dan bahkan Internasional.

Berikut potongan dialognya: "Pak what is Buraq ? // what? Buraq? Nama pesawat terbang?// No, it's something about Isra Mi'raj // ooh itu, buraq itu artinya Kilat // like flash or lightning?// yup, knp?// kok tadi penceramah bilang bhw buraq itu kuda putih bersayap yg jadi kendaraan Nabi saat Isra Mi'raj, kok aku jadi ngebayangin Pegasus kuda bersayapnya hercules di film Disney itu ya// hahaha iya...Itu salah ya Pak?//".

Yana berusaha memberi penjelasan berdasarkan apa yang ia ketahui. Namun putrinya merasa belum puas dan terus bertanya tentang perjalanan Nabi Muhammad dan malaikat Jibril dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsa di Palestina, lalu naik ke Sidratul Muntaha dan kembali lagi ke bumi hanya dalam waktu semalam saja.

3 of 3

Pintar dan Kompak

Yana Julio
Yana Julio © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Lalu bagian akhir unggahannya seperti ini: "...Jadi mrk bisa melesat dgn kecepatan cahaya dr Makkah ke Palestina dgn waktu mungkin hanya 5 detik. // emang materi fisik bisa jadi materi cahaya Pak ? (Nyambung di comment ya)".

Unggahan itu mendapat banyak komentar dan pujian dari para warganet. Banyak yang memuji pemikiran dan pertanyaan Aisyah yang dianggap kritis dan cerdas. Ada juga yang memuji kekompakan mereka berdua.

"Anak Bapak kok pinter pinter banget yaaaa.... Luar biasa... Kereeeen kang Yana," komentar pemilik akun @ayahfauzi710.  "Senang punya putri cerdas ,kritis,dan soleha persis spt bpknya ... Smg slu ttp mnjadi klrg yh sakinah mawardah dan warohma Aamiin," tulis akun @rachmawati_110.

Ada juga yang memuji pengetahuan Yana Julo tentang agama dan bisa memberi penjelasan pada anaknya. "Masya Allah...senang sekali saya bacanya.makasih kang yana pencerahannya," tulis pemilik akun @dhiyabowo.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓