5 Bumbu yang Wajib Ada di Dapur, Apapun Masakannya

Oleh Komarudin pada 07 Apr 2019, 17:30 WIB
Diperbarui 07 Apr 2019, 17:30 WIB
Ilustrasi Cabai
Perbesar
Ilustrasi cabai (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini memasak tak hanya menjadi aktivitas perempuan, tapi juga pria. Namun, untuk menghasilkan masakan yang lezat, bumbu pas menjadi kunci utama.

Berikut lima bumbu dasar yang wajib ada di dapur Anda untuk memudahkan dalam membuat masakan enak. Umumnya, apapun jenis masakannya, bumbu dapur ini tak pernah terlewatkan.

Bawang Putih

Bawang putih adalah bumbu masak dasar pertama yang harus ada. Bawang putih bisa menciptakan setiap masakan terasa lebih gurih dan harum, baik itu masakan tumis, bening, bobor, gulai hingga goreng.

Bawang Merah

Selanjutnya, bumbu masak dasar yang wajib ada di dapur adalah bawang merah. Bawang merah bisa dihaluskan, digoreng kering atau cukup diris tipis ketika digunakan untuk bumbu masak.

Cabai

Berikutnya cabai, yang akan memberi rasa pedas pada setiap masakan. Bagi penggemar masakan pedas, cabai akan selalu ada di dapur rumah Anda.

Garam

Tanpa garam, apapun masakan yang dibuat akan terasa hambar. Garam memberi rasa asin dan gurih pada setiap masakan. Apapun masakannya, kurang lengkap jika masakan belum ditambahkan garam di dalamnya.

Lada Bubuk

Selain itu, lada bubuk juga menjadi salah satu bumbu dasar memasak yang wajib ada di dapur. Selain rasa gurih, lada bubuk juga memberi rasa harum pada setiap masakan yang disajikan. (Mimi Rohmitriasih/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini: