Singgah ke Sumatera Utara, Istri Sandiaga Uno Dihadiahi Ulos Tapanuli

Oleh Putu Elmira pada 05 Apr 2019, 20:00 WIB
Diperbarui 05 Apr 2019, 20:17 WIB
Nur Asia

Liputan6.com, Jakarta - Istri Sandiaga Uno, Nur Asia terlihat sangat aktif di media sosial. Ia kerap mengabadikan potret dan video dalam berbagai kesempatan dan mengunggah momen tersebut melalui akun Instagram pribadi, @nurasiauno.

Salah satu potret yang diunggah menampilkan ibu tiga anak ini tengah singgah hadir di sebuah acara dalam rangka memperingati Isra Mi'raj di Medan, Sumatera Utara. Tak hanya itu, Nur Asia ternyata juga mendapatkan buah tangan manis.

"Milad dan perayaan Isra Mi'raj MT Siti Khadijah Medan, Sumatera Utara. Alhamdulillah saya mendapatkan hadiah ulos Tapanuli yang sangat cantik dari teman-teman disini Horas!" tulisnya di kolom keterangan potret yang diunggah Kamis, 4 April 2019.

Dalam foto, istri Sandiaga Uno ini tengah berdiri dikelilingi oleh para tamu yang hadir. Perempuan berusia 48 tahun ini tampak sedang memegang kertas dan membacakan sesuatu. Ia tampil cantik dalam balutan gamis dengan paduan warna hitam dan abu-abu.

Nur Asia mengenakan hijab berwarna biru muda dan juga kacamata berbingkai hitam. Ia juga langsung mengenakan hadiah ulos Tapanuli. Kain tersebut didominasi warna merah. Tampak benang-benang emas membentuk garis cukup lebar dan kecil di bagian luar lengkap dengan rumbai-rumbai.

Unggahan Nur Asia mengenakan Ulos Tapanuli sukses mencuri perhatian warganet. Tak sedikit dari mereka yang menuliskan komentar. "Horas jadi makin cantik bu pake ulos," tulis salah seorang warganet.

Sementara, Ulos merupakan salah satu kain Nusantara yang jadi kearifan lokal Indonesia. Pembuatan Ulos sendiri serupa dengan cara membuat songket Palembang yakni bukan dengan mesin tetapi menggunakan alat tenun.

Ulos mengandung makna filosofi mendalam juga nilai-nilai seni. Di sisi lain, Ulos juga berperan penting dalam kehidupan masyarakat di Sumatera Utara karena digunakan dalam berbagai kesempatan baik saat ritual adat hingga perhelatan resmi.

Saksikan video pilihan di bawah ini: