Sukses

4 Minuman Unik dari Kotoran Hewan, Berani Cicip?

Ada sejumlah minuman dan makanan yang terbuat dari kotoran hewan. Ada juga di kotoran manusia.

Liputan6.com, Jakarta - Keinginantahuan membuat orang selalu berinovasi. Tak sedikit orang mencoba untuk menciptakan sesuatu yang sebelumnya tak ada, seperti minuman yang terbuat dari kotoran hewan.

Dari kotoran hewan itu kemudian diolah menjadi minuman yang bisa dinikmati banyak orang. Ada juga minuman tersebut berkhasiat untuk kesehatan.

Kini, sesuatu yang awalnya menjijikan kemudian diolah dan dikemas menjadi minuman. Berikut beberapa minuman yang dibuat dari kotoran hewan.

Kopi Luwak

Bagi pecinta kopi, nama kopi luwak sudah tak asing lagi. Kopi luwak terbuat dari biji kopi yang keluar dari saluran ekskresi luwak. Saat ini tak sedikit orang yang menyukai kopi luwak.

Dilansir dari merdeka.com, 5 April 2019, luwak hanya memakan buah kopi yang sudah matang. Selain itu, biji kopi yang tidak dicerna sempurna diyakini mengalami proses fermentasi oleh enzim pencernaan di dalam usus luwak dan menjadi lebih enak lagi jika diolah menjadi kopi.

Black Ivory

Berbeda dengan Indonesia, Thailand punya kopi Black Ivory. Serbuk kopi ini juga diolah dari biji kopi yang dikeluarkan saluran ekskresi gajah Thailand. Black Ivory memiliki rasa yang tak terlalu pahit, karena protein di dalam kopi sudah dicerna oleh enzim di dalam usus gajah.

Ttongsul

Minuman unik lain adalah Ttongsu. Minuman tersebut merupakan arak tradisional dari Korea Selatan yang dibuat dari kotoran manusia. Saat ini, minuman tersebut telah langka karena jarang diproduksi, meski diyakini memiliki khasiat untuk kesehatan tulang.

Teh Hijau

Teh buatan An Yashi, dosen Universitas Sinchuan, China ini terbuat dari campuran teh hijau dan kotoran panda. Hasilnya adalah teh dengan kandungan antioksidan yang sangat tinggi.

Kotoran panda sarat akan berbagai vitamin dan mineral yang berasal dari bambu, makanan kesukaannya. Sama seperti teh hijau, bambu mengandung unsur yang dapat mencegah kanker dan meningkatkan khasiat anti-kanker yang ada pada teh hijau.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.