Sukses

Resep Satai Tempe Pedas, Sajian Praktis untuk Teman Santai di Akhir Pekan

Makan tempe jadi tidak begitu-begitu saja dengan resep satai tempe pedas.

Liputan6.com, Jakarta - Tempe tentu bukanlah sajian asing bagi kebanyakan orang Indonesia. Di samping harga terbilang ekonomis, pengolahan mudah dan bisa jadi sekian ragam makanan juga jadi alasan untuk kembali mengolah bahan satu ini.

Di akhir pekan seperti ini, Anda ingin bersantai, tapi tetap mau makan makanan rumahan dengan olahan praktis dan sehat? Kalau begitu, sajian satai tempe pedas boleh jadi salah satu ide makanan untuk dipertimbangkan.

Dengan bahan-bahan super mudah didapatkan dan cara mengolah anti-ribet, mari nikmati satai tempe dengan cita rasa pedas! Berikut resep lengkap versi Dapoer AY seperti dilansir dari Cookpad, Jumat, 5 April 2019.

Bahan-bahan:

1 papan tempe (potong dadu)

2 lembar daun salam

1 ruas lengkuas (geprek)

1 saset santan instan (65 ml)

Secukupnya gula pasir

Secukupnya garam halus

12 tusuk sate

50 ml air

Bumbu Halus:

5 siung bawang putih

8 siung bawang merah

8 buah cabe rawit

1 sdt kunyit bubuk

1 sdt ketumbar bubuk

Bumbu Olesan:

4 sdm kecap manis

2 sdt minyak goreng

 

Langkah-langkah:

1. Panaskan sedikit minyak goreng. Tumis bumbu halus sampai harum. Masukan salam dan lengkuas, tumis lagi sampai matang.

2. Masukan tempe, aduk rata sampai tempe terbalur bumbu. Lalu, masukan santan, air, gula pasir, dan garam. Aduk rata. Setelah mendidih, tes rasa.

3. Setelah tempe dingin, tusuk dengan tusuk sate.

4. Campur bahan olesan jadi satu, sisihkan. Panaskan teflon datar, panggang tempe sambil dioles kecap. Jangan lupa di bolak-balik sampai kedua sisi matang dan agak kehitaman, angkat. Satai tempe pedas siap disajikan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.