Sukses

3 Patung Putri Duyung Ikonik Dunia, dari Indonesia hingga Thailand

Patung putri duyung menjadi perbincangan beberapa waktu lalu karena bagian payudara ditutupi kain.

Liputan6.com, Jakarta - Foto patung putri duyung di Ancol, Jakarta Utara, yang ditutupi kain kuning di bagian dada membuat warganet heboh. Penutupan tersebut untuk menjadikan obyek wisata ini semakin baik bagi keluarga.

Tak hanya di Ancol, patung putri duyung yang berada di Istana Bogor pun sempat ditutup saat menyambut kunjungan Raja Salman pada Maret 2017 lalu.

Berbeda dengan yang ada di Ancol, patung putri duyung kecil  (Little Mermaid) juga ada di Istana Bogor. Patung itu sebagai hadiah persahabatan antara Indonesia dan Denmark dan ada di sana sejak 1958.

Patung itu salah satu replika dari total 14 replika patung Little Mermaid yang ada di dunia. Aslinya terdapat di Kopenhagen, Denmark, dan merupakan ikon dari negara tersebut.

Edvard Eriksen seorang pemahat terkenal Denmark yang membuat patung putri duyung itu. Ia pernah menjadi dosen di Royal Danish Academy of Fine Arts.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Patung Putri Duyung

Jika Anda sedangg berkunjung ke Denmark, kurang lengkap jika tak mengunjungi patung putri duyung buatan Edvard. Patung tersebut ditempatkan di pelabuhan kota Kopenhagen di atas sebuah batu yang menghadap ke laut lepas.

Di Denmark, patung putri duyung sudah ada sejak 1913. Pembuatan patung tersebut untuk mengenang jasa Hans Christian Andersen, penulis cerita dongeng. Salah satunya yang paling terkenal di dunia tentang putri duyung yang bertemu dengan pangeran tampan.

Thailand

Selain Denmark, negara yang juga membuat patung putri duyung adalah Thailand. Patung tersebut berada di Pantai Samila, Songkhla, di Thailand Selatan.

Teror bom hampir menghancurkan pada patung tersebut pada 26 Desember 2018 lalu. Patung bernama The Golden Mermaid ini dibuat oleh seniman Jitr Buabus yang membuatnya pada 1966.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.