Sukses

5 Jus Sayuran yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Bukan hanya jus buah-buahan, jus sayuran juga bisa dijadikan sebagai minuman untuk menurunkan berat badan. Sayuran apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Selama ini, minuman jus identik dengan buah-buahan. Jus buah sering dikonsumsi oleh mereka yang sedang diet dan menurunkan berat badan. Sepertinya tak banyak sayuran yang diolah untuk dijadikan jus.

Padahal, tak selalu jus buah-buahan yang bisa dijadikan sebagai minuman untuk menurunkan berat badan. Jus sayur juga sangat ampuh, bukan hanya untuk dimasak saja.

Dilansir dari Live Science, 26 Maret 2019, jus sayur mengandung serat dan masih memiliki nutrisi yang tinggi karena tidak melalui proses pengolahan memasak. Setidaknya ada macam lima jus sayur yang bisa Anda konsumsi untuk bisa menurunkan berat badan atau menjalani pola hidup sehat.

Jus Labu

Labu mengandung sejumlah vitamin dan mineral penting, yang memiliki antioksidan dan meningkatkan kekebalan tubuh dari vitamin C. Sayuran ini sangat penting untuk membantu menurunkan berat badan karena sangat rendah kalori dan lemak.

Jus Seledri

Jus Seledri mengandung sejumlah besar vitamin C dan K, serta folat, kalium dan antioksidan. Menurut sebuah penelitian, seledri dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan jantung.  Selain itu, seledri mengandung rendah kalori dan bisa menjadi alternatif tepat untuk program penurunan berat badan.

Alasannya, jus seledri mengandung serat yang membuat Anda merasa cepat kenyang dan berkontribusi untuk kesehatan usus yang baik. Selain itu, kandungan kalori dan gula pada jus seledri juga cukup rendah.

Jus Bayam

Jus bayam termasuk sumber serat makanan yang sangat baik, meningkatkan rasa kenyang dan meningkatkan saluran pencernaan yang sehat. Bayam mengandung zat biokimia yang disebut thylakoids, yang diyakini bisa mengurangi lemak dan berat badan.

Disarankan minum jus bayam sebelum makan, karena dapat berkontribusi pada penurunan berat badan dengan mengurangi asupan kalori Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jus Wortel

Jus wortel termasuk rendah kalori dan cukup mengenyangkan karena kandungan seratnya yang tinggi. Hal itu membuat jus sayuran ini jadi pengganti yang sangat baik untuk soda dan minuman manis lainnya atau ketika mencoba menurunkan berat badan atau membuang lemak perut yang tidak sehat.

Mengonsumsi jus wortel bisa merangsang sekresi empedu, yang dapat membantu meningkatkan metabolisme Anda dan mempercepat penurunan berat badan. Empedu adalah cairan yang mampu memecah lemak dan menyerap vitamin serta mineral yang larut dalam lemak dan air

Jus Bit

Jus bit dianggap sebagai salah satu minuman paling sehat untuk menurunkan berat badan. Minuman ini mengandung Vitamin C yang bisamenurunkan tekanan darah, meningkatkan kekebalan tubuh dan dapat membantu mencegah kanker.

Bit bisa diolah menjadi makanan sehat, tapi dengan dibuat jus adalah cara terbaik untuk menikmati manfaatnya karena memasak bisa mengurangi kandungan nutrisinya. Jus bit sangat rendah kalori dan hampir tidak mengandung lemak.

Minuman ini pun jadi pilihan tepat untuk smoothie pagi hari sebagai bahan bakar bagi tubuh. Bit juga mengandung magnesium yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.